1. BRILIO.NET
  2. »
  3. Kesehatan
Irwan Khoiruddin 21 April 2017 16:29

5 Cara ampuh mencegah ngantuk setelah makan

Hormon yang membuat tubuh menjadi rileks dan cenderung lebih mengantuk.

Brilio.net - Saat orang lesu dan tidak bertenaga biasanya mereka akan mengisi perut dengan makan besar. Hal ini kerap dilakukan dengan anggapan bahwa usai makan maka orang akan memiliki tenaga. Namun kebanyakan justru jauh panggang dari api, setelah makan orang justru mengantuk sehingga tidak produktif.

Para ahli medis mengatakan ada jenis makanan tertentu memang dapat memicu datangnya kantuk usai dimakan. Beberapa di antaranya adalah makanan tinggi karbohidrat, lemak, dan kaya gula.

Makanan dengan kandungan karbohidrat, lemak, dan kaya gula yang berlebih itu menyebabkan peningkatan kadar gula darah secara drastis di dalam tubuh sampai akhirnya tubuh meresponsnya dengan melepaskan hormon insulin yang merupakan hormon pengubah makanan menjadi energi. Namun di saat yang sama, otak juga mengeluarkan serotonin dan melatonin. Hormon yang membuat tubuh menjadi rileks dan cenderung lebih mengantuk.

Nah lalu apa saja cara yang disarankan para dokter dan ahli medis lain untuk menanggulangi hal tersebut. Berikut ini brilio.net rangkum dari beberapa sumber, Jumat (21/4), 5 cara ampuh dari dokter untuk cegah ngantuk setelah makan:

1. Makan lebih banyak serat.

foto: pixabay.com

Lagi-lagi makanan dengan kandungan karbohidrat, lemak, dan gula yang tinggi dapat mencetuskan rasa ngantuk setelah makan. Oleh sebab itu disarankan untuk membatasi jenis makanan ini dan memperbanyak komposisi makanan yang mengandung serat seperti halnya sayur, roti gandum dan buah-buahan.

2. Perhatikan waktu sarapan.

foto: pixabay.com

Faktanya, tidak sarapan menyebabkan rasa lapar yang menumpuk dan berakibat pada makan siang yang tidak terkontrol, baik jenis makanannya maupun porsinya. Jadi, jangan sampai lupa sarapan sebelum mulai beraktivitas adalah salah satu kunci menghindari kantuk di jam kerja.

3. Gerakan olahraga ringan.

foto: pixabay.com

Olahraga ringan dapat membantu memperbaiki aliran darah serta meningkatkan pasokan oksigen dan energi ke sel-sel di dalam tubuh. Tidak perlu olahraga berat, kamu hanya cukup beranjak dari meja kerja dan berjalan keliling kantor atau ke luar ruangan untuk menghirup udara segar. Itu akan sangat membantu.


4. Porsi makan jangan terlalu banyak.

foto: pixabay.com

Jaga porsi makan dan jangan sampai berlebihan. Makan berlebihan dapat membuat orang terlalu kenyang sekaligus ngantuk. Mengapa hal ini terjadi? Karena untuk mencerna semua makanan itu, tubuh juga membutuhkan lebih banyak energi. Hal ini tentu bisa membuat tubuh merasa lelah dan ngantuk.

5. Perbanyak minum air putih.

foto: pixabay.com

Usahakan selalu ada minum air putih di meja kerja kamu. Air putih ini mampu menghidrasi tubuh, sehingga terhindar dari kelelahan, sulit berkonsentrasi dan ngantuk. Penting diingat bahwa semua organ dalam tubuh membutuhkan air untuk melakukan fungsinya masing-masing.

(brl/swh)

5 Alutsista Anak Bangsa Tembus Pasar Internasional
Berikut 5 alutsista anak bangsa tembus pasar

WHAT DO YOU THINK

MORE STORIES


Show More Stories
TOP

Would you like to switch to the English Version?