Brilio.net - Wajah menjadi bagian tubuh yang perlu diberi perawatan lebih. Pasalnya terkadang permasalahan kulit wajah tak hanya jerawat, komedo, ataupun minyak berlebih saja saja. Namun juga flek hitam. Flek hitam ini membuat penampilan wajah menjadi tak menarik dan terlihat tua.

Baik pria maupun wanita, flek hitam ini sering membuat banyak orang merasa minder untuk tampil di depan umum. Flek hitam biasanya dapat muncul akibat produksi melanin berlebih di kulit. Selain itu banyak juga penyebab munculnya flek hitam di wajah, seperti paparan sinar matahari, bekas jerawat, peradangan, konsumsi obat-obatan, ataupun perubahan hormon.

Tentunya berbagai cara bisa kamu lakukan untuk menghilangkan flek hitam. Salah satunya dengan bahan alami dengan kopi. Kopi telah lama dikenal kaya akan nutrisi, mulai dari vitamin B2, vitamin B5, mangan, dan magnesium.

Dengan banyaknya kandungan nutrisi, diketahui kopi mampu mencegah munculnya kerutan dan juga flek hitam di wajah. Sebab antioksidan seperti flavonoid dan polifenol pada kopi mampu melindungi kulit dari radikal bebas yang memicu timbulnya tanda-tanda penuaan.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Kamu pun dapat menggunakan masker kopi untuk scrub yang mudah dibuat dan tanpa efek samping. Seperti apa cara membuatnya?

Nah, buat kamu yang tengah mencari cara menghilangkan flek hitam secara alami, berikut 4 cara membuat masker kopi untuk flek hitam, seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Selasa (1/12).

1. Masker kopi tanpa bahan campuran.

masker kopi untuk flek hitam © 2020 brilio.net/ freepik.com

foto: freepik.com

Bubuk kopi hitam biasa digunakan untuk scrub pada wajah karena mengangkat sel kulit mati dan kotoran pada wajah. Sehingga kulit tampak lembut dan lembap. Cara penggunaan masker kopi pada wajah ini bisa kamu lakukan satu sampai dua kali seminggu.

Cara menggunakannya yakni, siapkan bubuk kopi hitam, kemudian seduh dengan air panas. Tunggu kopi dingin, hingga ampasnya mengendap di bawah. Lalu gunakan ampas kopi untuk masker dengan mengoleskan pada wajah. Diamkan 20 menit, kemudian bilas wajah dengan air bersih.

2. Masker kopi dan minyak zaitun.

masker kopi untuk flek hitam © 2020 brilio.net/ freepik.com

foto: freepik.com

Cara yang kedua, kamu bisa memadukan bubuk kopi dengan minyak zaitun. Siapkan kedua bahan tersebut, gunakan perbandingan satu banding satu. Lalu oleskan ke wajah dengan gerakan melingkar. Biarkan masker meresap ke kulit, tunggu sekitar 15 sampai 60 menit. Setelah itu, baru bilas wajah dengan air hangat. Untuk memperoleh hasil yang maksimal kamu dapat menggunakan setidaknya dua kali seminggu.

3. Masker kopi hitam dan air mawar.

masker kopi untuk flek hitam © 2020 brilio.net/ freepik.com

foto: freepik.com

Banyak campuran kopi yang dapat digunakan untuk menghilangkan flek hitam. Selain minyak zaitun, kamu juga bisa menggunakan campuran kopi dan air mawar. Air mawar dapat mengangkat kotoran di kulit, mengatasi jerawat, komedo dan minyak berlebih.

Untuk membuat masker ini kamu bisa menyiapkan campuran 2 sendok makan ampas kopi dan 2 sendok air mawar ke wadah. Kemudian aduk bahan tersebut lalu oleskan pada wajah secara menyeluruh. Diamkan 30 menit. Lalu bilas wajah dengan air hangat.

4. Masker kopi dan madu.

masker kopi untuk flek hitam © 2020 brilio.net/ freepik.com

foto: freepik.com

Kopi yang dapat dimanfaatkan sebagai scrub dapat dipadukan dengan madu, yang memberikan nutrisi alami dalam kulit. Manfaat madu berasal dari kandungan antioksidan sehingga mampu mencerahkan kulit, terutama flek hitam akibat noda bekas jerawat.

Cara membuat masker kopi dan madu ini sangat mudah. Yakni siapkan bubuk kopi hitam secukupnya dan 3 sendok makan madu tawar alami. Campur kedua bahan tersebut, hingga seperti adonan pasta. Lalu oleskan masker tersebut secara merata pada wajah. Diamkan selama 30-60 menit atau hingga terasa kaku dan kencang di wajah.

(brl/gib)