Brilio.net - Pandemi Covid-19 menyadarkan banyak orang agar selalu menjalankan gaya hidup sehat. Karena itu kendati pemerintah telah memberikan pelonggaran terhadap aktivitas masyarakat, tetapi mereka tetap harus memperhatikan protokol kesehatan. Mengenakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.     

Namun, belum semua masyarakat menaati protokol kesehatan, khususnya si kecil yang terbiasa bermain di luar rumah. Karena itu peran orang tua sangat diperlukan untuk membiasakan anak menjaga kesehatan dan kebersihan di tengah pandemi.

“Saat ini para ibu berubah menjadi wondermoms, superhero untuk keluarganya,” ujar Brand Manager Origita Disinfectant Spray, Stella Oktaviani belum lama ini.

Sebenarnya bukan hanya tugas ibu yang selalu mengingatkan si kecil untuk menjaga kesehatan. Ini juga menjadi peran semua anggota keluarga untuk saling mengingatkan, khususnya para orang tua. Berikut 3 cara yang perlu diajarkan orang tua kepada anak untuk sadar menjaga kesehatan dan kebersihan di masa pandemi.

1. Selalu siapkan masker saat bepergian keluar rumah

Loading...

3 Cara mengajarkan anak jaga kesehatan © 2021 brilio.netunr.edu 

Memakai masker pada saat keluar rumah sangatlah penting untuk menjaga diri serta menghindari perpindahan kuman dan bakteri yang tersebar melalui udara. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika menggunakan masker, karena penggunaan masker hanya dapat digunakan maksimal 4 jam.

Disamping itu terkadang ada beberapa hal yang bisa terjadi hingga masker kita tidak bisa dipakai lagi, misalnya ketika jatuh ke lantai yang kotor. Hal ini harus kita tanggulangi dengan cara membawa masker tambahan di dalam tas.

2. Ajarkan anak membersihkan tubuh setelah bermain

3 Cara mengajarkan anak jaga kesehatan © 2021 brilio.netpixabay 

Setelah bepergian atau bermain di luar rumah sebaiknya membersihkan diri dengan menggunakan disinfectan spray. Pasalnya kita tidak pernah tahu dan tanpa disadari, virus atau bakteri bisa hinggap di tubuh ketika berada kerumunan orang. Cara ini harus diajarkan kepada si buah hati agar mereka terbiasa menjaga kebersihan sehabis bermain.

Pemilihan disinfectant spray juga harus tepat moms. Harus dilihat kandungannya, dan aman ketika kena baju dan belanjaan atau tidak. Origita Disinfectant Spray adalah salah satu disinfectant spray yang multifungsi dan mempunyai aroma lemon segar, sehingga bisa digunakan untuk pengharum ruangan, sanitasi di baju keluarga dan di belanjaan juga.

3. Pilih antiseptik cair dengan tepat

3 Cara mengajarkan anak jaga kesehatan © 2021 brilio.netpixabay 

Selama pandemi Covid-19, penggunaan antiseptik cair harus lebih rutin dilakukan agar mengurangi atau menghilangkan kuman dan bakteri yang menempel ditubuh. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan dengan penggunaan antiseptik cair, misalnya untuk mandi, mengepel lantai, mencuci baju, membersihkan luka, dan lain sebagainya sehingga lingkungan rumah lebih bersih dan aman.

Nah memilih antiseptik cair juga harus tepat. Karena tidak semuanya bisa multifungsi. Selain itu pemilihan kandungannya juga harus diperhatikan, supaya keluarga makin terjaga, jauh dari kuman dan bakteri. Ajarkan anak memilih antiseptic yang cocok untuk kulit mereka.  

Ya misalnya saja Origita Antiseptic Liquid yang mengandung chloroxylenol dapat membunuh kuman dan bakteri, serta bisa multifungsi juga. Tidak hanya untuk mandi, tapi bisa digunakan untuk hal lain. Satu lagi yang nggak kalah penting, aroma pine yang khas, membuat keluarga lebih rileks dengan aromanya.