Brilio.net - Apa sih kebutuhan paling krusial dari manusia? Semuanya pasti menjawab sandang, pangan, papan dan ditambah gadget. Padahal ada satu yang terlupakan, yang jarang orang sadari, apa itu? Jawabannya adalah buang air kecil dan besar. Coba kalau sehari saja kalian tidak buang air kecil dan besar, niscaya ada sesuatu yang bermasalah di tubuhmu. Bisa-bisa jika tidak sehat berujung ke rumah sakit.

Buang air kecil sudah seperti menjadi rutinitas wajib setiap orang setiap bangun tidur. Sayangnya banyak orang yang menganggap buang air kecil hanyalah sebuah rutinitas biasa saja. Padahal ada banyak fakta tentang buang air kecil mulai dari sisi kesehatannya hingga mitos-mitos uniknya. Penasaran? Simak ulasannya di bawah ini seperti yang dihimpun brilio.net dari scoopwhoop, Selasa (15/12):

1. Rata-rata setiap harinya orang buang air kecil sebanyak 7 kali

2. Buang air kecil orang yang sehat rata-rata berlansung selama 7 detik untuk normalnya. Dan dua detik jika dalam keadaan terburu-buru.

3. Kandung kemih orang dewasa dapat menampung urine sekitar 300-500 mililiter.

4. Orang Roma, Italia zaman dahulu berkumur dengan air kencingnya sendiri. Tujuannya untuk memutihkan gigi karena mengandung zat amonia.

5. Warna air kencing bisa menunjukkan kondisi kesehatanmu. Normalnya adalah berwarna kuning pucat. Jika kuning gelap itu berarti kamu kurang cairan tubuh, jika cokelat berarti ada gangguan di hati, jika merah berarti infeksi di saluran darahmu.

6. Jika air kencing memiliki aroma manis bisa jadi indikasi penyakit diabetes

7. Sebaliknya jika berbau busuk maka ada kemungkinan gangguan ginjal

8. Jika intensitas buang air kecilmu sedikit sekitar 1-2 kali sehari berarti kamu mengidap oliguria

9. Air kencing mengandung sekitar 3000 komponen natrium, kalium dan klorida

10. Mengonsumsi ikan tuna, makanan pedas, dan kopi dapat mengubah bau kencingmu

11. Jika kamu tersesat di padang pasir tidak disarankan meminum air kencingmu sendiri karena malah mempercepat dehidrasi

12. Pada abad pertengahan, orang romawi dan Inggris memakai air kencing sebagai pewarna kain tekstil.

13. Parauresis adalah kondisi dimana orang rela menahan kencing karena malu dengan orang-orang yang ada di dekatnya

14. Jika kamu keluar dari kolam renang dengan bau klorin di seluruh tubuh, itu berarti air kolam telah tercemar air kencing pengunjung lain

15. Stress urinary Incontinence adalah kondisi di mana kamu bisa kencing secara tidak sengaja saat tertawa, bersin atau berolahraga

16. Sebuah perusahaan bernama E3 Technologies menggunakan air kencing sebagai pembangkit listrik

17. Aliran kencing wanita lebih lebar dari pria

18. Bayi pertama kali kencing saat masih berada di dalam rahim bukan setelah kelahiran

(brl/ani)

(brl/ani)