×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
10 Manfaat menangis untuk kesehatan, cepat move on saat patah hati

View Image

0

BRILIO » Kesehatan

10 Manfaat menangis untuk kesehatan, cepat move on saat patah hati

Kamu tak perlu ragu untuk menunjukkan perasaan kamu bahkan hingga menangis.

20 / 08 / 2019 03:01

Brilio.net - Menangis adalah tindakan manusia yang umum dan manusiawi. Menangis dapat dipicu oleh banyak faktor seperti perasaan emosi yang berbeda. Ini juga merupakan salah satu reaksi alami tubuh. Tetapi ada pandangan sosial yang negatif terhadap tangisan atau seseorang yang memperlihatkan tangisan di depan publik. Ini membuat tindakan menangis digambarkan sebagai tanda kelemahan, ketidakdewasaan dan kepalsuan. Kebanyakan orang pada umumnya memandang rendah mereka yang berani mengekspresikan diri secara emosional.

Tetapi menangis sebenarnya adalah tanda kekuatan, keberanian, dan keaslian. Ada banyak alasan mengapa kamu harus tidak menahan untuk menangis. Karena menangis secara harfiah memperkuat kamu dan membantu kamu mengatasi situasi sulit. Tidak menangis bukanlah langkah yang baik dan itu tidak membuat kamu lebih berani.

Para peneliti telah menemukan bahwa menangis dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan pikiran. Bahkan manfaat menangis ini sudah dimulai sejak kamu lahir dengan tangisan pertama sebagai seorang bayi. Jadi kamu tak perlu ragu untuk menunjukkan perasaan kamu bahkan hingga menangis jika kamu merasa perlu melakukannya.

Berikut brilio.net lansir dari listsurge.com, Selasa (20/8) 10 manfaat menangis untuk kesehatan, membantu move on hingga membuat lebih kreatif.

1. Melepaskan racun dalam tubuh.

Loading...

manfaat menangis © 2019 brilio.net

foto: Unsplash

Menangis membantu melepaskan racun dari dalam tubuh seperti halnya pembuangan racun melalui cairan tubuh seperti keringat dan air seni. Sementara berbagai jenis air mata memiliki susunan kimiawi yang berbeda, air mata emosional membantu membersihkan racun tubuh yang tidak diinginkan.

Air mata emosional umumnya memiliki protein prolaktin, adrenokortikotropin, dan leusin-enkephalin endorphin yang merupakan obat penghilang rasa sakit alami. Air mata yang dikeluarkan membantu mengeluarkan racun yang tidak diinginkan yang menumpuk di dalam tubuh selama periode stres tinggi yang akumulasi yang akhirnya dapat membahayakan orang tersebut.

2. Membersihkan mata.

foto: Unsplash

Air mata adalah bagian dari mekanisme tubuh untuk membersihkan mata. Mata menjadi bagian yang sangat sensitif dari tubuh manusia, perlu dilindungi dari segala macam potensi bahaya. Air mata basal atau air mata terus menerus membantu menjaga mata dilumasi yang membantu menghindari dehidrasi yang menyebabkan penglihatan kabur dan berkabut.

Air mata memiliki enzim lisozim yang sangat efisien dalam membunuh bakteri dan mikroba yang masuk ke mata. Enzim ini juga membantu menjaga berbagai membran mukosa terhidrasi. Air mata memiliki sifat anti-mikroba yang kuat sehingga dapat mencegah kontaminasi anthrax yang disengaja.

3. Membantu menghilangkan stres.

manfaat menangis © 2019 brilio.net

foto: Unsplash

Air mata sebenarnya membantu menghilangkan stres. Ini karena air mata emosional bertanggung jawab atas pelepasan hormon stres kortisol yang diproduksi dalam tubuh. Hormon kortisol membuat orang merasa lebih baik.

Tangisan yang baik telah dikenal untuk membantu orang merasa lebih baik bahkan ketika masalahnya masih ada dan alasan untuk menangis masih relevan. Tubuh memproduksi kortisol ketika sedang stres.

Dengan melepaskan kortisol melalui air mata menyelamatkan tubuh dari berbagai efek berbahaya yang akan ditimbulkannya dalam tubuh. Beberapa efek samping kortisol yang paling umum seperti makan saat stres yang pada gilirannya akan menyebabkan penyakit seperti diabetes tipe-II dan kolesterol. Karena itu tangisan yang baik akan berakhir dengan melakukan banyak hal baik pada tubuh.

4. Membantu mengatasi kesedihan.

foto: Unsplash

Air mata memiliki efek katarsis. Mereka membantu kamu secara fisiologis, psikologis dan spiritual. Jika kamu melepaskan semua perasaanmu, kemungkinan besar bahwa kamu memiliki peluang lebih baik untuk melepaskan kesedihan.

Meski kesedihan tidak selalu membaik secar cepat. Tetapi selama kamu memendam perasaan, itu akan membahayakan fisik dan mental kamu. Meskipun menangis di mata publik seperti itu dipandang rendah, menangis sebenarnya efektif untuk melepaskan kesedihan dan membantu kamu mengatasi kesedihan dengan lebih baik.

5. Membuat kamu lebih kuat.

manfaat menangis © 2019 brilio.net

foto: Unsplash

Memiliki kekuatan untuk benar-benar mengekspresikan perasaan kamu membutuhkan banyak keberanian. Dan begitu kamu selesai menangis dengan itu kamu menyadari bahwa kamu berada di tempat yang jauh lebih baik daripada sebelumnya dan lebih siap untuk menghadapi situasi. Menangis mengeluarkan semua potensi malapetaka yang menyebabkan ketidakseimbangan emosional dalam tubuh dan membuat kamu lebih kuat.

6. Membantu move on.

manfaat menangis © 2019 brilio.net

foto: Unsplash

Menangis membantu kamu untuk move on atau maju dalam kehidupan. Ini membantumu mengatasi kesedihan kamu lebih cepat daripada jika kamu berpura-pura semua baik-baik saja.

Setelah banyak menangis, biasanya kamu dapat menemukan dan meluruskan prioritas kamu. Menangis telah terbukti membantu orang mengatasi masalah mereka. Menangis dan tidur yang nyenyak setelahnya. Ini dapat membantu kamu untuk move on dan menemukan cara untuk tetap bertahan saat patah hati.

7. Membuat kamu lebih kreatif.

manfaat menangis © 2019 brilio.net

foto: Unsplash

Semakin kamu merasa, semakin banyak potensi yang dapat kamu ciptakan. Orang-orang yang banyak menangis, bahkan pada hal-hal yang mungkin tampak sangat konyol bagi kamu, merasakan banyak emosi. Emosi yang kuat seperti itu biasanya dirasakan oleh seniman, penyair, penulis, dan orang-orang lain yang terlibat dalam seni kreatif. Bukan berarti orang yang bukan seniman tidak berperasaan atau tanpa emosi, tetapi orang-orang ini benar-benar dapat menciptakan sesuatu dengan emosi mereka.

8. Meningkatkan penglihatan.

manfaat menangis © 2019 brilio.net

foto: Unsplash

Air mata membantu menjaga mata dilumasi dan membersihkan penglihatan. Air mata yang dihasilkan oleh kelenjar lakrimal membantu membersihkan mata dari debu dan kotoran. Kamu mungkin pernah mengeluarkan air mata saat berada di tempat-tempat dengan polusi dan debu yang tinggi. Ini karena air mata membantu menghilangkan polutan dan partikel lain dari mata. Mata selalu tampak lebih baik setelah tangisan, air mata juga dilepaskan ke hidung melalui saluran air mata dan membantu menjaga hidung tetap lembab dan bakteri.

9. Melepaskan endorfin.

manfaat menangis © 2019 brilio.net

foto: Unsplash

Menangis melepaskan endorfin ke dalam tubuh. Ini adalah hormon perasaan enak dilepaskan dalam tubuh yang membantu meringankan rasa sakit san membuat kita merasa sangat hebat. Setelah semua hormon stres dalam tubuh dilepaskan melalui air mata, tubuh kita memberi hormon endorfin ini. Kamu akan merasa jauh lebih baik setelah meluapkan emosi.

10. Membantu memiliki rasa empati.

manfaat menangis © 2019 brilio.net

foto: Unsplash

Biasanya selalu akan ada orang yang pergi ketika kamu menunjukkan emosi yang tidak stabil. Menangis berarti kamu benar-benar mengekspresikan suasana hati kamu di depan seseorang atau sekelompok orang. Sementara beberapa mungkin mengatakan kamu lemah bahkan meninggalkanmu, sementara ada juga sebagian orang yang berdiri dan benar mengulurkan tangan untuk membantu kamu.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more