×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Sering diartikan marah, emosi manusia ternyata ada 27 jenis lho

View Image

0

BRILIO » Kepribadian

Sering diartikan marah, emosi manusia ternyata ada 27 jenis lho

foto: netdoctor.co.uk

Wow, banyak juga ya jenisnya.

15 / 09 / 2017

Brilio.net - Kebanyakan kita menganggap kata 'emosi' berarti marah. Semisal ada yang bilang, "Jangan bikin emosi, deh," itu artinya "Jangan bikin marah, deh,". Betul nggak, guys?

Nah, ternyata emosi itu bukan kata yang mewakili marah. Marah sendiri merupakan salah satu jenis emosi atau perasaan manusia. Jadi, sebetulnya emosi dasar manusia itu ada enam, yaitu kebahagiaan, kesedihan, ketakutan, kemarahan, kejutan, dan jijik.

Nah, sebuah studi terbaru yang ditemukan oleh Alan S. Cowen dan Dacher Keltner dari University of California, Berkeley, Amerika Serikat dan diterbitkan dalam Proceedings of National Academy of Sciences menyatakan bahwa ternyata manusia punya 27 emosi, lho. Dari enam emosi dasar di atas, ada yang masuk dan ada pula yang tidak. Berikut 27 emosi manusia sebagaimana dilansir brilio.net dari laman Netdoctor, Jumat (15/9).

1. Admiration

2. Adoration

Loading...

3. Aesthetic Appreciation

4. Amusement

5. Anxiety

6. Awe

7. Awkwardness

8. Boredom

9. Calmness

10. Confusion

11. Craving

12. Disgust

13. Empathetic pain

14. Entrancement

15. Envy

16. Excitement

17. Fear

18. Horror

19. Interest

20. Joy

21. Nostalgia

22. Romance

23. Sadness

24. Satisfaction

25. Sexual desire

26. Sympathy

27. Triumph

Proses penemuan ke-27 emosi di atas lewat mengumpulkan 2.185 video pendek yang menunjukkan berbagai situasi dan kejadian, termasuk seorang pria yang dihinggapi laba-laba di mulutnya, kucing yang lagi memijat anjing, dan saat orang sedang berjabat tangan dalam kondisi canggung.

Video tersebut dipilih untuk memicu munculnya emosi tertentu dari 800 lebih penonton yang berpartisipasi. Lantas mereka diminta untuk memberikan tanggapan dan berbagi perasaan mereka. Beberapa menilai video yang ada membuat mereka bisa merasakan berbagai macam emosi, bahkan sampai sekitar 34 kategori emosi. Sementara yang lain meranking emosi mereka dalam bentuk skala dari positif ke negatif, dari yang benar-benar menggebu-gebu sampai kalem.

Dengan semua temuan tersebut, peneliti merangkum ada 27 kategori emosi manusia yang benar-benar berbeda dan mewakili perasaan. Penelitian tersebut juga menyatakan bahwa banyak emosi dapat muncul dari satu peristiwa tertentu sehingga emosi yang ada bisa tumpang tindih satu sama lain.

Nah, kenapa ada emosi dari enam emosi dasar yang telah ada bisa tidak masuk ke dalam 27 kategori emosi di atas? Itu karena semisal kemarahan (anger) dan kebahagiaan (happiness) bisa berasal dari emosi lain seperti rasa takut (fear) atau iri hati (envy). Namun demikian, penelitian lebih lanjut tetap diperlukan sebelum ada kesimpulan konkret dan final.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    23%

  • Ngakak!

    6%

  • Wow!

    40%

  • Sedih

    17%

  • Marah

    14%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more