Brilio.net - Kebanyakan kita menganggap kata 'emosi' berarti marah. Semisal ada yang bilang, "Jangan bikin emosi, deh," itu artinya "Jangan bikin marah, deh,". Betul nggak, guys?

Nah, ternyata emosi itu bukan kata yang mewakili marah. Marah sendiri merupakan salah satu jenis emosi atau perasaan manusia. Jadi, sebetulnya emosi dasar manusia itu ada enam, yaitu kebahagiaan, kesedihan, ketakutan, kemarahan, kejutan, dan jijik.

Nah, sebuah studi terbaru yang ditemukan oleh Alan S. Cowen dan Dacher Keltner dari University of California, Berkeley, Amerika Serikat dan diterbitkan dalam Proceedings of National Academy of Sciences menyatakan bahwa ternyata manusia punya 27 emosi, lho. Dari enam emosi dasar di atas, ada yang masuk dan ada pula yang tidak. Berikut 27 emosi manusia sebagaimana dilansir brilio.net dari laman Netdoctor, Jumat (15/9).

1. Admiration
2. Adoration
3. Aesthetic Appreciation
4. Amusement
5. Anxiety
6. Awe
7. Awkwardness
8. Boredom
9. Calmness
10. Confusion
11. Craving
12. Disgust
13. Empathetic pain
14. Entrancement
15. Envy
16. Excitement
17. Fear
18. Horror
19. Interest
20. Joy
21. Nostalgia
22. Romance
23. Sadness
24. Satisfaction
25. Sexual desire
26. Sympathy
27. Triumph

Proses penemuan ke-27 emosi di atas lewat mengumpulkan 2.185 video pendek yang menunjukkan berbagai situasi dan kejadian, termasuk seorang pria yang dihinggapi laba-laba di mulutnya, kucing yang lagi memijat anjing, dan saat orang sedang berjabat tangan dalam kondisi canggung.

Video tersebut dipilih untuk memicu munculnya emosi tertentu dari 800 lebih penonton yang berpartisipasi. Lantas mereka diminta untuk memberikan tanggapan dan berbagi perasaan mereka. Beberapa menilai video yang ada membuat mereka bisa merasakan berbagai macam emosi, bahkan sampai sekitar 34 kategori emosi. Sementara yang lain meranking emosi mereka dalam bentuk skala dari positif ke negatif, dari yang benar-benar menggebu-gebu sampai kalem.

Dengan semua temuan tersebut, peneliti merangkum ada 27 kategori emosi manusia yang benar-benar berbeda dan mewakili perasaan. Penelitian tersebut juga menyatakan bahwa banyak emosi dapat muncul dari satu peristiwa tertentu sehingga emosi yang ada bisa tumpang tindih satu sama lain.

Nah, kenapa ada emosi dari enam emosi dasar yang telah ada bisa tidak masuk ke dalam 27 kategori emosi di atas? Itu karena semisal kemarahan (anger) dan kebahagiaan (happiness) bisa berasal dari emosi lain seperti rasa takut (fear) atau iri hati (envy). Namun demikian, penelitian lebih lanjut tetap diperlukan sebelum ada kesimpulan konkret dan final.