Brilio.net - Kamu kalau mandi butuh berapa waktu, Guys? Sepuluh menit atau mungkin paling lama 20 menit. Kamu patut mawas diri, jangan-jangan mengalami kesepian sehingga mandi dalam tempo lama. Sebagaimana dikutip brilio.net dari Mental Healthy, Kamis (16/6), para peneliti Yale University, Connecticut, Amerika Serikat mengklaim orang-orang yang butuh waktu lama untuk mandi, baik dengan air panas atau nggak dan pakai shower atau nggak, bertujuan menghalau perasaan kesepian atau isolasi sosial. Temuan mereka ini disebut bisa membantu mengobati orang dengan penyakit mental dan phobia sosial.

Para peneliti melakukan empat studi, pertama menyimpulkan orang yang menderita kesepian kronis menggunakan mandi air panas atau shower sebagai pengganti kehangatan emosional. Penelitian kedua menunjukkan merasa dingin secara fisik bisa menimbulkan perasaan kesepian. Penelitian ketiga menunjukkan kebutuhan untuk bersosialisasi atau kesejahteraan emosional dipicu kenangan penolakan masa lalu, dan bisa diatasi dengan kehangatan fisik. Penelitian keempat menunjukkan semua kondisi di tiga penelitian sebelumnya itu merupakan bagian dari alam bawah sadar, dan persepsi kebanyakan orang tentang seseorang mandinya lama itu berarti mencari ketenangan dan kesenangan.

Penelitian yang diprakarsai John A. Bargh dan Idit Shalev tersebut menyimpulkan semakin seseorang merasa terisolasi atau kesepian, semakin lama waktu mandinya. Tapi bukan cuma mandi, memegang minuman hangat pun disebut bisa meredakan rasa kesendirian seseorang.

Tak heran kalau cara mandi air panas atau memegang minuman hangat ini disebut bisa menjadi penawar orang yang mengalami gangguan mental dan sosial parah. Hmmm... apakah kalau kamu kesepian mandimu lama?

Loading...