Brilio.net - Pernah nggak sih kamu merasa ragu, penasaran, sampai resah dalam memikirkan satu hal. Rasanya pikiran itu sampai bikin kamu susah fokus sama hal lain. Bahkan nggak jarang kamu jadi merasa ketakutan dengan kejadian yang belum terjadi. Kalau lebih parah lagi, kamu juga akan merasa sulit untuk tidur karena pikiran itu.

Kalau kamu sudah merasakannya, hati-hati ... bisa jadi kamu overthinking. Ya, sesuai dengan namanya, kamu berada dalam kondisi berpikir secara berlebihan. Nggak bisa dipungkiri, kondisi atau kejadian yang kamu alami bisa menimbulkan sebuah pikiran yang berat. Apalagi untuk sesuatu yang belum kamu hadapi, rasanya takut banget dengan segala kemungkinan buruk yang bisa datang.

Tenang, hidup memang selalu ada kejutan kok, baik berupa hal menyenangkan ataupun tidak. Tapi jangan sampai membuatmu terlalu mengkhawatirkannya. Pasalnya, overthinking justru akan menghambatmu untuk fokus kepada tujuan. Jadi solusi terbaiknya adalah berusaha meminimalisir risiko dan menghadapinya dengan berani.

Nah, tapi kalau kamu penasaran sebenarnya seberapa besar sih kadar overthinking yang kamu miliki, coba yuk jawab beberapa pertanyaan ini. Kamu bisa semakin mengenali dirimu yang sesungguhnya. Dengan begitu kamu pun bisa segera menghadapi kekhawatiran itu dengan tepat. Let's check out!

(brl/tin)

(brl/tin)