Brilio.net - Dunia industri selalu berubah mengikuti permintaan pasar. Setiap hari ada teknologi disruptif mengganggu paradigma berbisnis. Terlebih, pertumbuhan cepat start-up dari berbagai bidang mengancam pemain besar di pasar. Nggak jarang start-up baru berjalan setahun bisa mengalahkan pemain lama yang bertahan puluhan tahun di bidangnya.

Sebagai pebisnis, mempunyai gelar akademik manajemen saja tidak cukup menghadapi disrupsi ini. Kamu harus selalu belajar dan memperoleh keahlian baru. Pengalaman di lapangan dibuktikan dengan sertifikasi menjadi aset paling penting dalam karier seorang pebisnis.

Deretan sertifikasi ini sangat berguna untuk menjadi pebisnis kelas dunia. Mulai dari sertifikasi akuntabilitas sampai komunikasi, keahlian ini membantu pebisnis melihat dan meraih peluang bisnis yang ada.

Sertifikasi seperti apa sih yang dibutuhkan pebisnis kelas dunia? Disarikan Brilio.net dari berbagai sumber, Senin (20/1) yuk kita pelajari bersama-sama.

1. Coaching.

Loading...

Binus_Bisnis © 2020 Shutterstock.com

foto: shutterstock.com

Coaching atau pembinaan adalah skill menuntun diri sendiri dan rekan kerja dengan benar agar target tercapai. Kemampuan ini penting agar terjalin hubungan harmonis antara pebisnis dan rekan kerja. Sertifikasi di bidang ini bisa didapatkan dalam program global leadership program yang diselenggarakan institusi terpercaya.

2. Akuntabilitas.

Binus_Bisnis © 2020 Shutterstock.com

foto: shutterstock.com

Akuntabilitas adalah kemampuan menjaga omongan agar sesuai dengan tindakan. Seorang pebisnis harus mempunyai integritas diri yang terpercaya. Akuntabilitas tak hanya berlaku untuk diri sendiri tapi juga tim yang dipimpin pebisnis. Sertifikasi di bidang ini akan menambah rasa percaya diri pebisnis bersaing di kelas dunia.

3. Akreditasi asosiasi sekolah bisnis dunia tingkat lanjut.

Binus_Bisnis © 2020 Shutterstock.com

foto: shutterstock.com

Gelar pendidikan tak bisa dipandang sebelah mata lagi. Sekolah tempat menimba ilmu dengan akreditasi terpercaya menentukan masa depan pebisnis. Sekolah bisnis tersebut harus bisa menjawab tantangan industri dan sosial di masyarakat.

BINUS BUSINESS SCHOOL sekarang jadi pilihan sekolah bisnis dengan akreditasi dari Association to Advance Collegiate Schools of Business (AACSB). Akreditasi ini merupakan penghargaan tertinggi dari asosiasi global non-profit dan lembaga terkemuka berbasis di Amerika yang berdiri sejak 1916 ini. Total hanya 5% dari sekolah bisnis di dunia yang mempunyai akreditasi dari AACSB.

Binus_Bisnis © 2020 binus

foto: Binus

BINUS BUSINESS SCHOOL juga mempunyai kualitas riset yang tinggi hingga 244 kasus per tahun. Terlebih, 50% dosen yang mengajar di sekolah ini mempunyai gelar S3 dan berpengalaman di bidangnya. Ingin menjadi pebisnis kelas dunia? Informasi lebih lanjut bisa kamu temukan di sini.

4. Negosiasi dan pengaruh.

Binus_Bisnis © 2020 Shutterstock.com

foto: shutterstock.com

Kemampuan bernegosiasi sangat vital bagi pebisnis. Kemampuan ini bergantung dengan influence atau pengaruh yang dimiliki. Pebisnis kelas dunia selalu bisa menggunakan kemampuan ini untuk mencapai target dalam kondisi apa pun. Jika ada rintangan, negosiasi berguna dalam mencari jalan tengah untuk kebaikan semua pihak yang terlibat.

5. Komunikasi.

Binus_Bisnis © 2020 Shutterstock.comfoto: shutterstock.com

Komunikasi menjadi dasar dalam semua interaksi korporat. Hal remeh temeh dalam komunikasi seperti presentasi, menjawab e-mail, dan etika konferensi video sering menjadi jebakan bagi pebisnis. Sertifikasi keahlian ini akan memperlancar pebisnis menjalani aktivitas sehari-harinya. Salah paham sedikit tentang etika atau maksud pembicaraan bisa jadi kerugian yang luar biasa bagi pebisnis kelas dunia.