Brilio.net - Fobia adalah sebuah rasa ketakutan yang berlebihan terhadap suatu hal atau fenomena. Bagi sebagian pengidap fobia, hal ini kerap kali menjadi penghambatnya dalam menjalankan kehidupannya.

Ada banyak sekali jenis fobia yang sering dialami manusia, salah satu fobia unik yang sulit dimengerti adalah caligynephobia atau fobia dengan wanita cantik. Pengidap fobia ini memang terkesan tak lazim, tetapi memang benar-benar adanya. Dalam istilah kedokteran dikenal juga dengan nama venustraphobia atau venustaphobia.

Penderita caligynephobia merasakan ketakutan dan grogi yang amat sangat ketika berjumpa dengan wanita cantik. Tak jarang, pengidap fobia ini merasakan gemetaran hingga kaku dan kesulitan berbicara ketika bertemu dengan wanita. Seperti pada fobia lainnya, fobia ini diakibatkan karena pikiran alam bawah sadar yang telah menganggap wanita itu menakutkan.

Penderita fobia ini mestinya pernah mengalami kejadian buruk di masa lalu dengan wanita yang membuat alam bawah sadarnya mengatakan bahwa wanita itu menyeramkan. Seperti contohnya seorang pria yang dari kecil sudah sering dibentak ibunya, atau seorang laki-laki yang ditinggalkan kekasih pas lagi sayang-sayangnya.

Bagi penderita caligynephobia, mereka akan menoba untuk menghindari kontak fisik secara langsung dengan wanita, seperti saling sapa, berkunjung ke rumah, atau berada di kerumunan wanita-wanita cantik. Bahkan lebih parahnya, penderita fobia ini akan merasa terganggu ketika melihat tayangan atau foto wanita cantik yang ada di televisi atau handphone yang muncul.

Loading...

Terdengar aneh bukan? Padahal banyak sekali laki-laki yang menyukai wanita cantik, namun tidak dengan penderita caligynephobia ini.

Reporter: mgg/renno hadi