Brilio.net - Di manapun kamu bekerja, baik di sebuah perusahaan maupun menjalankan bisnis sendiri, salah satu keterampilan yang penting dikuasai adalah komunikasi. Tanpa kemampuan komunikasi yang baik, sulit untuk kamu menyampaikan ide kepada rekan kerja, atasan, atau bawahan.

Memperbaiki kemampuan komunikasi tentu penting dilakukan untuk membantu menjalankan tugas-tugas dengan lebih baik dan mendapatkan hasil yang maksimal.

Lalu bagaimana cara mengasah dan memperbaiki kemampuan komunikasi kamu? Simak tiga tips yang dilansir Brilio.net dari Indonesian Leadership Academy dalam keterangan resminya, Kamis (1/10/2020).  

1. Perhatikan nada bicara kamu

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

3 Tips komunikasi  © 2020 brilio.nethrtechnologist.com

Saat seseorang tertarik dengan apa yang dibicarakan, ia akan berbicara dengan semangat, dengan suara dan nada bicara yang dinamis. Sementara bila topik yang dibicarakannya dirasa kurang menarik, nada bicaranya akan cenderung datar. Begitupun dengan respons orang yang mendengarkan. Mereka akan semangat bila sang pembicara juga semangat. Karenanya, untuk membuat orang lain mau mendengarkan ide-ide kamu, sampaikanlah hal tersebut dengan nada yang penuh semangat.

2. Menjadi pendengar yang baik

3 Tips komunikasi  © 2020 brilio.netcarolinadigitalphone.com

Kemampuan komunikasi bukan melulu bagaimana kamu berbicara, tetapi juga bagaimana mendengar saat orang lain menyampaikan pendapatnya. Perhatikan bahasa tubuh kamu. Bila kamu menunjukkan kebosanan atau ketidaktertarikan saat orang lain berbicara, maka orang pun enggan berbicara dengan kamu. Saat orang merasa tertarik dengan apa yang sedang dibicarakan, ia cenderung memajukan tubuhnya untuk mendengarkan dengan lebih baik. Namun bila orang tersebut merasa bosan atau tidak tertarik, ia cenderung memundurkan tubuhnya dan bersandar di tempat ia duduk.

Oleh karena itu, usahakan untuk selalu memperlihatkan ketertarikan. mungkin kamu tidak setuju dengan apa yang mereka sampaikan, cobalah untuk melihat sesuatu dari sudut pandang orang lain dan mencoba memahami mereka. Dengan demikian kamu akan menjadi orang yang menyenangkan untuk diajak berbicara, sehingga konflik dengan rekan kerja pun akan lebih mudah dihindari.

3. Fokus pada lawan bicara

3 Tips komunikasi  © 2020 brilio.netbigthinkedge.com

Seringkali perhatian seseorang terganggu saat sedang berbicara atau mendengarkan lawan bicaranya. Hal ini menimbulkan kesan kamu tidak terlalu tertarik terhadap lawan bicara atau topik yang sedang dibicarakan. Untuk itu, belajarlah untuk fokus kepada lawan bicara.

Lakukan kontak mata, dan sebisa mungkin jangan sampai perhatian kamu teralih oleh hal-hal yang sebenarnya tidak terlalu penting. Dengan menjaga fokus terhadap lawan bicara, kamu terhindarkan dari kesalahpahaman yang mungkin terjadi.

Nah dengan kepiawaian membangun komunikasi di kantor, kamu bisa menjadi bagian teamwork yang solid di kantor.  

(brl/red)