Tanpa telur dan madu, ini trik atasi rambut kering dan kusam agar kembali lembut pakai 1 jenis buah

Tanpa telur dan madu, ini trik atasi rambut kering dan kusam agar kembali lembut pakai 1 jenis buah

Brilio.net - Rambut kering dan kusam merupakan permasalahan rambut yang disebabkan oleh kekurangan kelembapan di area kulit kepala. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh beberapa faktor yaitu cuaca yang kering, kebiasan mencuci rambut menggunakan air panas, dan perawatan rambut yang sering menggunakan bahan kimia keras, seperti halnya alkohol.

Kondisi rambut kering akan semakin parah jika kamu sering menggunakan alat styling. Bukan tanpa sebab, penggunaan alat styling yang memanfaatkan suhu panas tinggi ini secara tidak langsung dapat merusak kutikula rambut.

Agar kelembutan dan kesehatan rambut pulih kembali, hal pertama yang perlu kamu hindari adalah menggunakan alat styling. Selain itu, kamu juga perlu merawat rambut dengan menggunakan sampo dan kondisioner yang tepat. Kamu bisa memakai sampo yang bisa menjaga kelembapan rambut dengan baik. Jika perlu, kamu bisa menambahkan hari care seperti halnya minyak dan masker rambut yang dapat menghidrasi dan menjaga kelembapan selama sehari penuh.

Untuk mendapatkan masker rambut, kamu tak perlu beli. Kamu bisa lho membuat masker rambut sendiri di rumah. Selain murah, kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan di sekitar kamu. Biasanya bahan alami yang sering digunakan untuk mengatasi rambut kering dan kusam adalah telur dan madu.

Bahan makanan, seperti telur ini mengandung protein tinggi yang bisa memperkuat helai rambut dan mencegah kerusakan. Di sisi lain, adanya kandungan berupa omega-3 dan 6, vitamin B, serta E di dalam telur ini bisa melembapkan dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

Sementara itu, bahan pemanis yakni madu menjadi pelembap alami. Kemudian, adanya sifat antioksidan berguna untuk mengatasi kerusakan akibat radikal bebas. Adanya kandungan mineral bisa mengatasi rambut bercabang dan patah.

Selain kedua bahan tersebut, sebagai gantinya kamu bisa memakai buah alpukat. Buah yang memiliki warna hijau ini mengandung lemak sehat, seperti asam lemak omega-3 dan omega-9. Kandungan tersebut membantu melembapkan rambut dan mengurangi kekeringan. Vitamin E, C, dan B di dalam buah ini dapat menjaga kesehatan akar rambut, menghidrasi, dan menghilangkan sel kulit mati sehingga dapat mengatasi ketombe.

Lalu, bahan tambahan lainnya yaitu rosewater bersifat untuk menenangkan kulit kepala yang iritasi dan memberikan aroma segar. Sementara itu, yoghurt mampu memperbaiki rambut yang rusak dan menyehatkan kulit kepala. Hal ini dikarenakan bahan fermentasi susu ini mengandung probiotik dan protein.

Adanya beberapa bahan tambahan, seperti minyak zaitun atau olive oil mengandung vitamin E yang bisa melembapkan dan melindungi rambut dari kerusakan. Di sisi lain, vitamin A, dan C di dalam aloe vera juga dapat meningkatkan pertumbuhan rambut.

(brl/pep)

tags

Advertising
Advertising
STORIES