Tanpa perlu disemir, ini cara cegah uban prematur pakai 1 bumbu dapur

Tanpa perlu disemir, ini cara cegah uban prematur pakai 1 bumbu dapur

Brilio.net - Semakin bertambah usia seseorang, rambut beruban mulai muncul dipermukaan kulit kepala. Kondisi ini seringkali dianggap sebagai tanda alami dari penuaan dan merupakan hal wajar yang terjadi.

Namun, ketika uban muncul secara prematur, hal ini dapat menjadi perhatian bagi banyak orang. Uban prematur ini bisa terjadi karena berbagai faktor, mulai dari genetika hingga gaya hidup sehari-hari.

Proses terjadinya uban secara prematur ini merupakan hasil dari kurangnya pigmen melanin dalam folikel rambut. Ketika sel-sel melanosit (yang menghasilkan melanin) mengalami kerusakan, sehingga rambut kehilangan pigmen dan berubah menjadi putih abu-abu.

Ini dipengaruhi oleh faktor stres kronis yang dapat mempengaruhi kesehatan rambut. Hal ini dapat memicu perubahan hormonal yang mempengaruhi produksi melanin dalam folikel rambut. Kekurangan nutrisi juga menjadi faktor berikutnya, asupan nutrisi seperti vitamin B12, besi, tembaga, dan zinc bisa menyebabkan uban muncul lebih dini.

Untuk mencegah uban prematur muncul, kamu perlu memperhatikan berbagai hal. Pertama adalah mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin B, tembaga, zinc, dan antioksidan. Kedua mengelola stres dengan teknik relaksasi, seperti meditasi, yoga, dan olahraga yang menjaga keseimbangan hormonal dan mengurangi risiko uban prematur.

(brl/lea)

tags

Advertising
Advertising
STORIES