Tanpa lemon, ini cara redakan gatal pada kulit kepala akibat ketombe hanya pakai 2 jenis biji-bijian

Tanpa lemon, ini cara redakan gatal pada kulit kepala akibat ketombe hanya pakai 2 jenis biji-bijian

Brilio.net - Ketombe merupakan permasalahan kulit kapala yang paling umum dialami kebanyakan orang. Umumnya ketombe membuat kulit kepala terasa sangat gatal. Selain itu serpihan putih yang jatuh ke baju pun membuat yang mengalaminya merasa tidak nyaman.

Rasa gatal pada kulit kepala ini bisa terjadi karena beberapa faktor. Pertama disebabkan oleh pertumbuhan jamur malassezia berlebih. Kondisi ini bisa merangsang sistem kekebalan tubuh untuk merespons dengan melepaskan senyawa kimia yang memicu peradangan pada kulit kepala. Proses inilah yang menyebabkan gatal karena saraf di kulit kepala menjadi lebih sensitif.

Sementara itu, produksi minyak berlebih juga memengaruhi kondisi ini. Sebab jamur malassezia tumbuh subur pada kulit kepala yang berminyak. Ketika munculnya ketombe, kulit kepala seringkali menghasilkan lebih banyak minyak untuk melawan infeksi ragi. Produksi minyak berlebih ini dapat membuat kulit kepala lebih rentan terhadap iritasi dan gatal.

Nah, agar gatal pada kulit kepala akibat ketombe ini tidak semakin parah, kamu bisa mengatasinya dengan melakukan perawatan. Salah satunya adalah menggunakan hair oil yang terbuat dari biji-bijian.

Dalam video yang dibagikan kanal YouTube SM Beautyland Studio, Sabtu (16/9) dia menggunakan dua jenis biji-bijian yaitu flax seeds atau biji rami dan fenugreek. Kedua bahan tersebut mempunyai kandungan dan manfaatnya masing-masing untuk rambut.

Flaxseeds mengandung asam lemak omega-3, terutama asam alfa-linolenat (ALA). Omega-3 ini memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu meredakan peradangan pada kulit kepala. Sebagai pelembap alami biji rami dapat mengatasi kulit kepala kering dan meminimalkan rasa gatal.

Sementara itu, fenugreek mengandung senyawa antiinflamasi yang dapat membantu meredakan peradangan akibat ketombe. Lalu, sifat antimikroba pada bahan ini membantu mengendalikan pertumbuhan ragi.

Kamu tertarik untuk menggunakan kedua bahan utama di atas agar rasa gatal akibat ketombe berkurang? Nah, bagi kamu yang penasaran, bisa mengikuti tutorial di bawah ini.

(brl/ola)

tags

Advertising
Advertising
STORIES