Tanpa dicat berulang kali, ini cara pudarkan rambut beruban agar kembali hitam pakai 1 rempah dapur

Tanpa dicat berulang kali, ini cara pudarkan rambut beruban agar kembali hitam pakai 1 rempah dapur

Brilio.net - Selain wajah yang menjadi kendur dan dipenuhi keriput, uban juga menjadi salah satu tanda penuaan. Uban sendiri merupakan kondisi berubahnya warna asli rambut menjadi putih keabu-abuan. Kualitas serta intensitas uban sejatinya berbeda dari setiap dan biasanya dimulai di sekitar usia 40 tahun. Uban tidak hanya muncul di rambut kepala, namun juga di area seperti jenggot, kumis, dan lainnya.

Kemunculan uban terjadi akibat berkurangnya produksi melanin (pigmen warna) dalam folikel rambut. Seiring dengan bertambahnya usia, proses penuaan akan berpengaruh pada fungsi kerja organ tubuh, termasuk kemampuan rambut dalam memproduksi pigmen warna. Lambat laun, proses ini akan membuat pasokan warna yang dibawa berkurang dan rambut pun kehilangan warna alaminya.

Tidak hanya penuaan, proses munculnya uban juga dapat dipengaruhi beberapa faktor lain. Kondisi stres yang dialami banyak orang juga dapat mempercepat munculnya uban, karena hormon stres seperti kortisol bisa merusak dan mempercepat proses kehilangan warna pada rambut. Selain itu, kebiasaan merokok juga dapat menyebabkan kerusakan serupa akibat komponen nikotin di dalamnya yang bersifat toksik bagi tubuh.

(brl/mal)

tags

Advertising
Advertising
STORIES