Tanpa cengkih dan daun salam, ini cara merawat rambut rontok agar lebih kuat pakai 3 jenis minyak

Tanpa cengkih dan daun salam, ini cara merawat rambut rontok agar lebih kuat pakai 3 jenis minyak

Brilio.net - Rambut rontok adalah gangguan kesehatan yang bisa terjadi karena banyak faktor. Dilansir dari American Academy of Dermatology Association, kerontokan rambut dapat terjadi oleh berbagai faktor, seperti genetik, stres, hormon, dan lainnya.

Rambut rontok dapat memengaruhi kulit kepala dan seluruh tubuh. Sifatnya bisa sementara atau permanen, dan umumnya terjadi pada rambut area kepala. Supaya tidak berujung pada kebotakan, kamu harus tahu cara mengatasi dan merawat rambut rontok yang tepat.

Sebenarnya, rambut rontok adalah hal yang natural, selama masih dalam batas wajar, yakni sekitar 50-100 helai per hari. Kerontokan rambut bisa menjadi parah jika akar dan batang rambut tidak sehat. Akar rambut yang tidak sehat mudah lepas dari kulit kepala. Batang yang mudah patah membuat rambut makin banyak rontoknya.

Oleh karena itu, kamu perlu melakukan perawatan untuk mencegah kebotakan yang mungkin bisa terjadi. Salah satunya adalah dengan bahan-bahan alami. Bahan alami ini akan membantu menguatkan akar rambut agar mengurangi kerontokan. Tanpa cengkeh dan daun salam, karena pemilik akun TikTok @thatgirlwannabe__ pada 21 Juli 2021, hanya menggunakan 3 jenis minyak. Minyak yang digunakan adalah almond oil, minyak kelapa, dan tea tree oil.

"DIY Hair oil Mask Hairloss Edition (DIY Masker Minyak Rambut Edisi Rambut Rontok)," tulisnya dalam video unggahan, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @thatgirlwannabe__, Kamis (14/9).

Merawat rambut rontok agar lebih kuat pakai 3 minyak  Berbagai sumber

foto: freepik.com

Minyak almond berasal dari ekstraksi biji almond. Manfaat almond oil untuk rambut tak lepas dari nutrisi di dalamnya, seperti vitamin E, protein, asam lemak asam oleat dan asam linoleat, serta antioksidan. Berkat kandungan tersebut, manfaat almond oil untuk rambut adalah membantu memperkuat rambut dan mencegah ujungnya bercabang. Hal inilah yang diyakini juga berpotensi dalam menumbuhkan rambut.

Sementara itu, minyak kelapa juga sudah dikenal manfaatnya untuk mengatasi rambut rontok. Minyak kelapa berasal dari biji buah kelapa dan merupakan asam lemak rantai sedang yang terdiri dari asam laurat, asam kaprat, asam oleat, serta asam linoleat. Berkat rantai asam lemak ini, minyak kelapa mengandung sifat antimikroba, antijamur, dan antivirus. Kandungan tersebut dapat bermanfaat untuk mengatasi rontok yang berlebihan.

Tea tree oil juga merupakan salah satu minyak esensial yang dipercaya dapat mengatasi berbagai masalah rambut, salah satunya adalah rontok. Kandungan antioksidan dan vitamin E pada tea tree oil dapat menguatkan akar rambut dan merangsang pertumbuhan rambut yang lebih sehat.

(brl/pep)

tags

STORIES