Tak perlu lidah buaya, ini cara atasi rambut rontok berlebih akibat penuaan pakai 1 jenis karbohidrat

Tak perlu lidah buaya, ini cara atasi rambut rontok berlebih akibat penuaan pakai 1 jenis karbohidrat

Brilio.net - Memasuki usia 30 tahun ke atas, pada umumnya orang akan mengalami proses penuaan. Tanda-tanda penuaan ini nggak cuma terlihat dari perubahan pada kulit, tapi juga pada rambut. Perubahan hormon yang terjadi dalam proses penuaan membuat rambut bisa mengalami kerontokan. Selain itu, siklus pertumbuhan rambut juga berubah seiring proses tersebut.

Perlu kamu ketahui, rambut memiliki siklus pertumbuhannya sendiri. Hal ini mencakup fase pertumbuhan (anagen), fase istirahat (telogen), dan fase rontok (katagen). Nah, ketika memasuki fase penuaan atau istirahat, siklus pertumbuhan rambut ini menjadi lebih pendek, sehingga mengakibatkan rambut rontok secara berlebihan.

Untuk mencegah dan mengatasi kerontokan berlebih karena penuaan, langkah yang perlu kamu ambil adalah melakukan perawatan yang tepat. Hal ini bisa kamu mulai dari merubah gaya hidup. Salah satunya yaitu mengonsumsi makanan kaya protein, vitamin A, C, D, dan E, serta mineral. Kemudian, lakukan perawatan secara rutin dengan menggunakan hair care yang terbuat dari bahan alami.

Jika lidah buaya yang biasanya digunakan untuk atasi rambut rontok. Kini ada bahan lainnya yang dapat kamu pakai yaitu beras. Bahan makanan ini berguna sebagai eksfoliator alami yang mampu mengangkat sel-sel kulit mati. Tidak hanya itu, beras mengandung inositol, senyawa yang diketahui dapat membantu merangsang pertumbuhan rambut. Ini dapat membantu mencegah kerontokkan dan menguatkan akar rambut.

Sementara itu, bahan tambahan yakni daun teh mengandung antioksidan, seperti polifenol. Kandungan tersebut membantu melindungi sel-sel rambut dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, polifenol juga membantu menjaga kesehatan rambut dan mencegah kerontokan. Bahkan jika digunakan secara rutin, bahan minuman ini bisa mengatasi ketombe.

(brl/wen)

tags

Advertising
Advertising
STORIES