Tak hanya minyak zaitun, ini trik atasi rambut pitak agar tumbuh lebat pakai tambahan 1 jenis rempah

Tak hanya minyak zaitun, ini trik atasi rambut pitak agar tumbuh lebat pakai tambahan 1 jenis rempah

Brilio.net - Rambut pitak atau yang dalam dunia medis dikenal sebagai "alopecia areata," merujuk pada masalah kebotakan atau kerontokan berlebihan pada salah satu atau beberapa bagian kulit kepala. Masalah ini sendiri terjadi akibat penyusutan folikel rambut yang menghentikan produksi rambut. Kondisi ini dapat terjadi pada siapa saja, baik pria maupun wanita, bahkan pada usia yang relatif muda. Walau tidak memiliki dampak medis yang serius, kondisi rambut yang menjadi "bolong" ini dapat memengaruhi penampilan dan kenyamanan individu yang mengalaminya.

Dari segi internal, masalah rambut pitak sering kali dikaitkan dengan penyakit autoimun di mana sistem kekebalan tubuh seseorang secara tidak sengaja menyerang bagian tubuhnya sendiri, termasuk folikel rambut. Meskipun penyebab pastinya masih belum sepenuhnya dipahami, beberapa faktor seperti infeksi virus, fluktuasi hormon, defisiensi gizi, dan tingkat stres yang tinggi sering diidentifikasi sebagai pemicu utama.

Sementara itu, bisa pula dipahami bahwa kerontokan rambut juga biasanya terjadi karena kurangnya kelembapan di kulit kepala. Faktor eksternal seperti paparan sinar matahari dan penggunaan alat hair styling seperti catokan seringkali menjadi biang utama dalam menguapkan kelembapan alami rambut. Dalam prosesnya, hal ini menyebapkan rambut menjadi kering dan patah sehingga dapat lepas dari akarnya secara berlebihan.

(brl/far)

tags

Advertising
Advertising
STORIES