Tak hanya kopi, trik agar rambut beruban cepat berkurang dan kembali hitam pakai 1 sumber karbohidrat

Tak hanya kopi, trik agar rambut beruban cepat berkurang dan kembali hitam pakai 1 sumber karbohidrat

Brilio.net - Uban merupakan salah satu tanda terjelas ketika seseorang berada dalam fase penuaan. Secara singkat, uban merupakan kondisi rambut yang berwarna putih keabu-abuan. Biasanya, uban sering muncul ketika seseorang mulai menginjak umur sekitar 40 tahunan. Walau biasanya sering dilihat di area kepala, rambut yang beruban juga bisa muncul di area jenggot, kumis, hingga bagian tubuh lainnya pula.

Kemunculan uban sejatinya terkait oleh adanya penurunan fungsi organ di dalam tubuh. Semakin bertambah usia seseorang, kemampuan rambut dalam memproduksi sel-sel melanosit yang membentuk pigmen warna (melanin) pada rambut lambat laun akan semakin berkurang. Dalam prosesnya, jumlah melanin yang semakin menurun itu pun membuat warna asli rambut lama-kelamaan akan memudar. Akhirnya, rambut pun tumbuh tanpa adanya pigmen, sehingga memunculkan warna putih tersebut.

Walau sering dikaitkan dengan usia, uban dapat tumbuh lebih cepat akibat pengaruh beberapa faktor. Rambut orang dengan kebiasaan merokok biasanya lebih rentan beruban akibat kandungan racun di rokok yang memicu penyempitan pembuluh darah dan merusak aliran nutrisi ke folikel rambut. Selain itu, kondisi stres hingga kekurangan jumlah vitamin di dalam tubuh juga dapat berdampak pada pengurangan produksi melanin, sehingga membuat uban tumbuh secara prematur.

(brl/far)

tags

Advertising
Advertising
STORIES