Rambut kembali hitam tanpa urang-aring, ini trik bikin kondisioner atasi uban pakai 1 jenis rempah

Rambut kembali hitam tanpa urang-aring, ini trik bikin kondisioner atasi uban pakai 1 jenis rempah

Brilio.net - Rambut putih atau uban, biasanya sering terlihat pada orang yang telah menginjak usia tua seperti kakek dan nenek. Ya, uban merupakan salah satu tanda dan efek penuaan terjelas yang dapat dilihat di rambut seseorang. Kemunculan uban sejatinya dipengaruhi oleh berkurangnya kemampuan rambut dalam memproduksi pigmen warna (melanin) seiring bertambahnya umur, sehingga warna aslinya memudar dan bertukar menjadi putih.

Meskipun begitu, beberapa penelitian telah menemukan bahwa kemunculan uban bisa dipercepat oleh banyak hal. Dilansir dari penelitian Columbia University Irving Medical Center, orang yang sering mengalami stres biasanya akan mengalami percepatan tumbuhnya uban. Hal ini disebabkan hormon kortisol yang dilepaskan kala stres dapat merusak proses pembentukan pigmen di rambut.

Sementara itu, kebiasaan merokok juga dapat menyebabkan percepatan tumbuhnya uban. Penelitian dari Italian Dermatology Online Journal pada 2013 menunjukkan, perokok memiliki kemungkinan 2,5 kali lebih tinggi untuk beruban sebelum usia 30 tahun dibandingkan orang yang tidak merokok. Pasalnya, senyawa seperti tar dan nikotin memiliki sifat toksik yang dapat merusak sel-sel melanosit penghasil pigmen rambut.

(brl/jad)

tags

Advertising
Advertising
STORIES