Rambut kembali hitam tanpa semir, ini cara hilangkan uban dan gatal akibat ketombe pakai 1 jenis rempa

Rambut kembali hitam tanpa semir, ini cara hilangkan uban dan gatal akibat ketombe pakai 1 jenis rempa

Brilio.net - Kepala yang gatal bisa disebabkan karena berbagai faktor. Seperti rambut beruban dan berketombe. Rambut beruban akan memicu rasa gatal karena membutuhkan perawatan yang lebih banyak jika dibandingkan dengan rambut yang tidak beruban. Ketika perawatan yang diperlukan tersebut tidak didapatkan, rambut beruban akan lebih kering sehingga memicu rasa gatal di kepala.

Menurut WebMD, rambut beruban memiliki kutikula yang lebih tipis jika dibandingkan dengan rambut yang masih memiliki warna asli. Ketika tidak dirawat dengan baik, rambut akan berubah menjadi lebih kering, mudah patah, dan terasa kasar. Uban di rambut akan kehilangan minyak alami yang dimilikinya sehingga akan memicu iritasi pada kulit kepala yang terasa sangat gatal. Sedangkan menurut University of Arkansas for Medical Sciences (UAMS Health), penyebab uban bikin gatal adalah jika dicabut.

Selain uban, rasa gatal di kepala juga disebabkan karena ketombe - salah satu penyebab kulit kepala gatal yang paling umum. Munculnya ketombe biasanya disebabkan pertumbuhan jamur secara berlebihan yang menyebabkan menumpuknya sel kulit mati di kulit kepala.

Selain itu, ketombe juga bisa dipicu oleh hal lain, seperti kulit kepala kering, kurang terjaganya kebersihan rambut dan kuli kepala, hingga iritasi atau sensitivitas terhadap produk perawatan rambut tertentu. Sensasi rasa gatal akibat ketombe ini yang bikin kita ingin menggaruk kepala sebagai cara mengatasi ketombe gatal yang paling cepat.

Namun, ternyata cara yang satu ini bukanlah solusi yang tepat, lho. Alih-alih mengatasi rasa gatal, kebiasaan ini justru malah bisa menimbulkan luka iritasi, memperburuk ketombe, hingga menyebabkan kerontokan rambut yang parah. Nah, untuk mengatasinya, kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada disekitarmu. Bahkan kamu bisa menemukannya di dapurmu lho.

Seperti unggahan video yang dibagikan akun TikTok @hannasusanti49 pada (2/7). Dalam unggahannya itu, pemilik akun membagikan cara hilangkan uban dan gatal akibat ketombe pakai 1 jenis rempah. Rempah yang digunakan adalah ketumbar.

"menghilangkan uban ternyata gampang,nggak sampai 5 menit masalah rambut putih gatal dan ketombe bisa terselesaikan," katanya sebagai keterangan video unggahan, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @hannasusanti49, Selasa (4/7).

(brl/ola)

tags

Advertising
Advertising
STORIES