Nggak takut rontok, ini cara membuat hair oil untuk mempercepat pertumbuhan rambut pakai 2 bumbu dapur

Nggak takut rontok, ini cara membuat hair oil untuk mempercepat pertumbuhan rambut pakai 2 bumbu dapur

Brilio.net - Masalah rambut rontok memang sangat menyebalkan dan cukup mengkhawatirkan. Terutama jika bagian rambut yang sudah rontok sulit untuk tumbuh kembali. Umumnya, kerontokan disebabkan oleh stres emosional dan fisik yang tubuh terima dari paparan radikal bebas dari polusi lingkungan. Rambut juga cenderung rontok saat pasca sakit demam tinggi, melahirkan, mengalami berat badan drastis dan pasca operasi.

Kerontokan rambut umumnya bersifat sementara dan merupakan cara tubuh menyesuaikan diri akibat pengaruh lingkungan. Pertumbuhan rambut akan kembali normal seiring dengan proses pemulihan tubuh, biasanya dalam 69 bulan.

Jika kamu mengalaminya, hal ini tentu tidak dapat disepelekan. Sebab, kondisi tersebut pada akhirnya dapat berujung pada penipisan rambut jika masalah tersebut tidak segera ditangani.

Oleh karenanya, untuk menghindari rontok semakin parah dan penipisan rambut berubah menjadi kebotakan, banyak orang mencari cara untuk menumbuhkan rambut dengan cepat. Rata-rata, rambut tumbuh kira-kira setengah inci setiap bulan, bertambah hingga sekitar enam inchi per tahun. Tentu saja, sejumlah faktor dapat memengaruhi pertumbuhan rambut, seperti usia, kesehatan secara keseluruhan, dan faktor-faktor seperti stres dan kebiasaan sehari-hari.

Agar bisa tumbuh dengan lancar dan kuat, rambut membutuhkan asupan nutrisi dan oksigen. Asupan ini diperoleh dari aliran darah yang mengalir ke kulit dan folikel rambut. Selain itu, ada beberapa faktor lain yang juga turut berperan dalam pertumbuhan rambut, seperti genetik dan usia.

Jika merasa pertumbuhan rambut kurang lancar atau memiliki masalah rambut, seperti rambut rontok dan mudah patah, ada beberapa cara cepat menumbuhkan rambut yang aman dan efektif. Cara-cara terseut dilakukan dengan menggunakan beberapa bahan alami atau obat-obatan medis. Meskipun menggunakan bahan alami, namun jika digunakan secara rutin kamu bisa membuat rambutmu tumbuh dengan cepat.

Salah satunya seperti video unggahan yang dibagikan oleh akun TikTok @rabiabeautytips pada 22 Mei 2023 lalu. Dalam unggahan yang berdurasi 44 detik tersebut pemilik akun membagikan cara membuat hair oil untuk mempercepat pertumbuhan rambut pakai 2 bumbu dapur. Bumbu dapur yang digunakan adalah bawang bombay dan bawang putih. Tak hanya kedua bahan tersebut saja, namun ia juga menambahkan 1 bahan lagi yaitu minyak zaitun.

"Non stop hair growth oil (Minyak penumbuh rambut tanpa henti)," tulisnya sebagai keterangan video unggahan, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @rabiabeautytips, Jumat (16/6).

Cara membuat hair oil untuk mempercepat pertumbuhan rambut pakai 2 bumbu dapur Berbagai sumber

foto: freepik.com

Bawang bombay bukan cuma untuk masakan. Akan tetapi, ada manfaat bawang bombay untuk kesehatan rambut. Jenis sayuran ini tak hanya berguna untuk melezatkan dan menambah aroma masakan, ternyata bawang bombay juga memiliki manfaat kesehatan dan kecantikan untuk atasi kerontokan.

Dilansir dari Healthline, bawang bombay yang dihaluskan atau dibuat jus bisa diaplikasikan ke rambut yang mengalami kerontokan. Tak hanya itu, kandungan belerang yang terdapat dalam bawang bombay juga membantu menyehatkan folikel yang berguna untuk regenerasi rambut.

Bawang bombay juga mengandung banyak belerang, elemen nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Tak hanya itu, protein terutama keratin juga ditemukan dalam bawang bombay yang tentunya sangat dibutuhkan oleh rambut dan mempercepat pertumbuhannya.

Sementara itu, bawang putih, kaya akan vitamin B6 dan C serta mineral, zinc, sulfur, kalsium, mangan, dan selenium yang bisa menjaga kesehatan rambut. Bawang putih juga memiliki sifat antimikroba dan antijamur yang dapat membunuh bakteri penyebab ketombe sekaligus menjaga kulit kepala tetap sehat.

Bawang putih memiliki kandungan vitamin C yang dapat meningkatkan produksi kolagen. Kolagen inilah yang bisa merangsang pertumbuhan rambut. Selain itu, sumber sulfur juga sering ditemukan pada bagian lapisan kulit luar bawang putih. Kandungan ini bisa membantu pembentukan protein keratin agar rambut tumbuh lebih sehat.

Bawang putih mengandung vitamin C, sulfur dan antioksidan yang dipercaya dapat memicu pertumbuhan rambut dan mengatasi rambut rontok. Tak hanya itu, kandungan selenium pada bawang putih juga mampu memperkuat struktur batang rambut agar tidak mudah rontok.

Minyak zaitun juga merupakan salah satu bahan alami yang bisa kamu manfaatkan untuk mempercepat pertumbuhan rambutmu. Kandungan vitamin E yang kaya pada minyak tersebut dapat merangsang pertumbuhan rambut. Hal ini juga dapat menghilangkan penumpukan sebum di kulit kepala yang membuat folikel rambut tidak ada hambatan.

(brl/pep)

tags

Advertising
Advertising
STORIES