Nggak perlu minyak zaitun, ini cara hempas ketombe dan residu kulit kepala dengan 1 jenis biji-bijian

Nggak perlu minyak zaitun, ini cara hempas ketombe dan residu kulit kepala dengan 1 jenis biji-bijian

Brilio.net - Adanya ketombe seringkali menimbulkan rasa gatal serta bersisik di kulit kepala. Tak cuma itu, serpihan ketombe di rambut dan baju tentu mengganggu penampilan dan bikin tak percaya diri. Untuk kasus yang belum parah, cara menghilangkan ketombe bisa diatasi dengan menggunakan produk sampo khusus antiketombe.

Akan tetapi, jika ketombe sampai berkerak, menyebabkan rambut berminyak, rontok, hingga rasa gatal yang luar biasa, maka perlu ada perawatan ekstra. Secara umum, ada dua jenis ketombe yang kerap dialami, yaitu ketombe kering dan ketombe basah. Keduanya memiliki ciri-ciri dan penyebab yang berbeda.

Ketombe kering berukuran kecil-kecil dan putih. Biasanya serpihan ketombe kering ini mudah rontok dan jatuh di batang rambut atau pada bahu. Ketombe kering ini kadang terasa gatal dan muncul pada kulit kepala yang sangat kering. Sementara ketombe basah biasanya punya serpihan yang berukuran besar, berwarna kekuningan, berminyak, dan menempel di kulit kepala dan rambut.

Ketombe berkerak tak hanya disebabkan oleh penumpukan sebum dan kotoran yang menempel saja. Melainkan residu dari berbagai produk haircare juga dapat menyebabkan ketombe. Jadi sangat penting untuk membersihkan kulit kepala dari penumpukan kotoran-kotoran tersebut.

(brl/mal)

tags

Advertising
Advertising
STORIES