Nggak perlu ke spa, mengatasi rambut kusut dan rusak bisa cuma pakai 3 bahan alami ini

Nggak perlu ke spa, mengatasi rambut kusut dan rusak bisa cuma pakai 3 bahan alami ini

Brilio.net - Rambut yang indah dan sehat sering kali menjadi aset berharga bagi banyak orang. Rambut yang terlihat ideal tidak hanya meningkatkan penampilan fisik, tetapi juga memberikan rasa percaya diri yang tinggi.

Nah, rambut ideal ini tentunya memiliki beberapa sifat utama agar bisa disebuh indah, seperti terlihat berkilau dan lembut ketika disentuh, bebas ketombe, tidak bercabang, memiliki volume cukup, hingga tidak mudah patah dan rontok.

Sayangnya, mencapai rambut ideal dengan berbagai ciri-ciri di atas tidaklah selalu mudah. Rambut yang rusak dan kusut dapat menjadi salah satu tantangan utama yang menghalangi seseorang untuk mencapai tampilan rambut yang diinginkan.

Faktor penyebab hal inipun bisa beragam. Dari segi eksternal, alat pemanas seperti catokan, pengering, dan pelurus rambut yang digunakan secara berlebihan dapat membuat rambut menjadi rapuh dan rentan patah. Penggunaan pewarna rambut pun bisa merusak struktur rambut yang memicu kekeringan dan membuat rambut hilang kelembapan alaminya. Ditambah dengan minimnya perlindungan rambut ketika terpapar polusi dan sinar matahari juga dapat merusak kesehatan rambut.

Dari segi internal, gaya hidup yang tidak sehat pun dapat mempengaruhi tumbuh kembang rambut. Hal ini dikarenakan kesehatan rambut juga terkait erat dengan faktor nutrisi tubuh. Konsumsi makanan yang kurang sehat dapat menyebabkan sulitnya gizi penting terkait disebarkan ke seluruh tubuh, termasuk rambut. Akibatnya, kekurangan vitamin, mineral, dan nutrisi penting lainnya ini dapat memengaruhi pertumbuhan dan kesehatan rambut, menyebabkan rambut menjadi rapuh, kusam, dan kurang subur.

Salah satu solusi yang sering dikedepankan ketika menghadapi masalah rambut kusut dan rusak ini adalah perawatan intensif di spa. Meskipun spa mungkin dianggap sebagai solusi yang mudahdan menarik untuk dicoba, namun harganya yang mahal sering kali tidak terjangkau oleh semua orang.

Tapi, jangan khawatir alam menyediakan berbagai solusi alami yang dapat membantu merawat dan mengembalikan keindahan rambut dengan mudah bak di spalho. Salah satu pemanfaatan bahan alami ini didemonstrasikan oleh pengguna Instagram @beautifulyoutips sebagaimana dilansir brilio.beauty.net pada Rabu(21/6) dengan menggunakan campuran dari madu, minyak kelapa, dan lidah buaya atau aloe vera.

Nggak perlu ke SPA  Instagram

foto: freepik.com

Madu telah lama digunakan sebagai bahan alami untuk perawatan rambut. Kandungan antioksidan, enzim, dan sifat antimikroba dalam madu membantu memperkuat akar rambut dan mencegah kerusakan. Selain itu, madu juga memiliki sifat pelembap alami yang dapat membantu melembutkan rambut kering dan kusut.

Nggak perlu ke SPA  Instagram

foto: freepik.com

Minyak kelapa juga merupakan solusi alami yang efektif untuk mengatasi rambut kusut dan rusak. Kandungan asam lemak dalam minyak kelapa membantu menjaga kelembapan alami rambut, sehingga mengurangi kerusakan dan kekeringan. Minyak kelapa juga dapat membantu melunakkan kutikula rambut, sehingga memudahkan proses menyisir dan mengurangi kemungkinan rambut menjadi kusut.

Nggak perlu ke SPA  Instagram

foto: freepik.com

Tanaman serbaguna aloe vera memang telah banyak dikenal memiliki banyak manfaat skincare, termasuk pada rambut. Gel dalam daun aloe vera mengandung enzim proteolitik yang membantu membersihkan kulit kepala dari kotoran dan menjaga keseimbangan pH alami.

Selain itu, aloe vera juga mengandung banyak vitamin, mineral, dan asam amino yang membantu memperkuat akar rambut, mengurangi kerontokan, dan merangsang pertumbuhan rambut baru. Selain itu, aloe vera juga memberikan efek menenangkan pada kulit kepala.

(brl/pep)

tags

Advertising
Advertising
STORIES