Nggak cuma pakai teh, ini trik bikin uban kembali hitam tanpa semir dengan tambahan 1 jenis minyak

Nggak cuma pakai teh, ini trik bikin uban kembali hitam tanpa semir dengan tambahan 1 jenis minyak

Brilio.net - Semir menjadi alternatif paling umum beberapa orang untuk menutupi uban rambut. Dengan melakukan semir rambut, diharapkan uban akan tersamarkan sehingga lebih percaya diri dalam berpenampilan. Padahal, menyemir rambut terlalu sering justru akan berdampak buruk pada kesehatan rambut. Ini karena kandungan kimia pada semir yang bikin rambut jadi rusak dan kering.

Uban sendiri merupakan kondisi yang terjadi saat helaian rambut tumbuh tanpa pigmen warna. Sehingga rambut akan berwarna putih keabu-abuan. Umumnya uban akan tumbuh saat seseorang memasuki usia 30 tahun ke atas. Karena seiring bertambahnya usia, produksi melanin sebagai pigmen alami rambut akan mengalami penurunan.

Meski kerap dikaitkan dengan faktor penuaan, nyatanya uban juga bisa muncul pada orang yang masih muda. Kondisi ini disebut dengan uban prematur. Banyak faktor yang menjadi pemicunya, seperti perawatan rambut yang salah, pola hidup yang tidak sehat, seringnya melakukan styling rambut, genetik, dan stres.

Walaupun semir rambut bisa membantu menyamarkan tampilan uban, namun penggunaan bahan-bahan alami dinilai lebih aman dan tak kalah efektif untuk mengatasi uban lho. Seperti unggahan dari akun TikTok @bocahkampung889 pada 23 September 2023, yang membagikan tentang trik bikin uban kembali hitam tanpa semir.

(brl/ola)

tags

Advertising
Advertising
STORIES