Kulit kepala bersih dan bebas gatal, begini trik merontokkan ketombe membandel pakai 1 bahan dapur

Kulit kepala bersih dan bebas gatal, begini trik merontokkan ketombe membandel pakai 1 bahan dapur

Brilio.net - Selain rambut lepek dan rontok, ketombe merupakan masalah kulit kepala dan kesehatan rambut yang cenderung menyebalkan. Bagaimana tidak, ketombe biasanya memunculkan rasa gatal cukup parah sehingga mengganggu. Ketombe ditandai dengan kulit kepala yang menyebabkan adanya serpihan kulit.

Di samping rasa gatal yang mengusik kenyamanan, noda putih yang berjatuhan kerap menurunkan kepercayaan diri karena mengganggu penampilan. Mengingat, masalah rambut dan kulit kepala sering dihubungkan dengan kurangnya menjaga kebersihan dan merawat diri.

Berdasarkan situs Medical News Today, tak ada penyebab pasti dari ketombe. Namun terdapat faktor pembentuk ketombe, antara lain produk sampo, kurang menyisir rambut, kulit kepala kering, cuaca dan faktor lingkungan, diet dan nutrisi, hingga stres.

Ketombe merupakan gangguan yang umumnya terjadi saat masa pubertas dan mencapai puncaknya di usia 20 tahunan. Risikonya juga rentan dialami orang yang berusia di atas 50 tahun. Salah satu cara menghilangkan ketombe yang ampuh adalah menggunakan bahan-bahan alami.

Seperti video yang dibagikan di media sosial TikTok oleh akun @boyybarbershop pada 8 Juni 2023. Video tersebut mengunggah tentang trik merontokkan ketombe membandel pakai 1 bahan dapur, yakni garam.

"cara menghilangkan ketombe secara alami," tulisnya dalam keterangan video, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @boyybarbershop, Kamis (15/6).

Trik merontokkan ketombe membandel pakai 1 bahan dapur Berbagai sumber

Trik merontokkan ketombe membandel pakai 1 bahan dapur
freepik.com

Beberapa masalah rambut, seperti ketombe dan rambut rontok, memang dapat diatasi menggunakan berbagai produk perawatan rambut. Akan tetapi, ternyata bahan alami, seperti garam, dipercaya dapat membantu mengatasi masalah rambut tertentu. Salah satu manfaat garam untuk rambut adalah mengatasi ketombe. Garam bersifat eksfoliasi yang diyakini dapat mengelupas kerak ketombe dari kulit kepala.

Fungsi garam tersebut sekaligus dapat membersihkan timbunan sel kulit mati di kulit kepala yang menyumbat pori-pori. Garam juga disebut dapat menyerap minyak berlebih pada kulit kepala yang kadang kala menjadi penyebab ketombe muncul. Di samping itu, garam dipercaya memiliki sifat antijamur yang mampu meminimalisir pertumbuhan jamur di kulit kepala.

Bahan yang digunakan sangat mudah ditemui bukan? Nah, hanya dengan 1 bahan dapur tersebut kamu bisa memanfaatkannya untuk mengatasi ketombe membandel penyebab gatal pada kepalamu. Yuk, simak cara memanfaatkannya.

(brl/ola)

tags

Advertising
Advertising
STORIES