Hitam merata tanpa produk semir, ini cara atasi rambut beruban pakai cat alami dari 1 kacang-kacangan

Hitam merata tanpa produk semir, ini cara atasi rambut beruban pakai cat alami dari 1 kacang-kacangan

Brilio.net - Uban merupakan bagian alami dari proses penuaan pada manusia. Kondisi ini biasanya terjadi pada orang-orang yang berusia di atas 35 tahun. Perlu kamu ketahui, uban juga bisa muncul pada usia sekitar 20 tahunan. Warna putih atau abu-abu dari uban ini membuat banyak orang merasa tidak percaya diri.

Kondisi ini bisa terjadi karena melanin yang memberikan warna pada rambut ini mulai berhenti memproduksi secara aktif. Proses inilah yang menyebabkan rambut kehilangan warna hitam secara alami. Selain itu, adanya proses oksidasi juga berperan penting dalam perubahan warna rambut.

Oksidasi adalah reaksi kimia yang terjadi ketika melanin teroksidasi. Ini mengubah struktur kimia melanin, menyebabkan rambut menjadi lebih terang atau berubah jadi abu-abu. Tidak hanya itu, faktor stres juga bisa memengaruhi timbulnya uban pada kulit kepala.

Untuk mengatasi munculnya uban ini banyak orang lantas menutupinya menggunakan produk semir. Sayangnya jika terlalu sering menggunakan semir, bisa menimbulkan berbagai risiko pada kesehatan rambut, seperti kering, pecah-pecah, dan bercabang.

Sebagai jalan alternatifnya, kamu bisa membuat cat rambut sendiri di rumah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Cara membuat semir rambut secara alami sempat dicontohkan oleh pengguna YouTube beautifulyou_tips.

(brl/lut)

tags

Advertising
Advertising
STORIES