Cegah uban tumbuh kembali, ini cara menghitamkan rambut putih pakai masker dari 1 jenis biji

Cegah uban tumbuh kembali, ini cara menghitamkan rambut putih pakai masker dari 1 jenis biji

Brilio.net - Setiap orang yang mulai menua pasti rambutnya akan ditumbuhi dengan uban. Bagi sebagian orang, memiliki rambut putih atau uban bisa jadi tidak menyenangkan. Selain alasan usia, sebenarnya uban juga disebabkan oleh faktor genetik, kondisi kesehatan, kebiasaan merokok, atau sedang dalam proses pengobatan.

Seiring bertambahnya usia, rambut seseorang memang akan berubah warna dan memutih. Namun, jika uban sudah mulai muncul saat usia 20-an, ini adalah kondisi uban prematur. Oleh karenanya, tak sedikit orang yang mencari cara untuk menghitamkan rambutnya yang beruban atau berwarna putih karena uban.

Sebenarnya, warna rambut yang memudar juga disebabkan oleh kadar melanin di tubuh kamu. Setiap orang memiliki dua jenis melanin yang paling umum ini, yaitu eumelanin dan pheomelanin. Jumlah eumelanin yang lebih tinggi menyebabkan seseorang memiliki warna rambut yang lebih gelap, seperti hitam atau cokelat tua.

Namun, bagi sebagian orang, apalagi yang sudah lanjut usia, kadar melanin dalam tubuh mulai mengalami penurunan. Hal ini lah yang berdampak pada rambut sehingga rambut jadi memutih. Untuk mengatasinya, kamu bisa mewarnai rambutmu di salon kecantikan. Namun, bahan kimia dalam pewarna rambut justru dapat merusak rambutmu lho.

Sebagai solusinya, lebih baik kamu memanfaatkan bahan-bahan alami untuk membantu menghitamkan rambutmu yang putih karena uban. Salah satunya seperti unggahan yang dibagikan oleh akun TikTok @aribasfoodmood pada 27 Juni 2022. Dalam video dengan durasi 18 detik tersebut pemilik akun memberikan cara menghitamkan rambut putih pakai masker dari 1 jenis biji. Biji yang digunakan adalah jintan hitam.

"Best DIY Remedy for Grey Hair Turn grey hair into black (Obat DIY Terbaik untuk Rambut Beruban Mengubah uban menjadi hitam)," katanya dalam video unggahan, seperti briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @aribasfoodmood, Selasa (11/7).

Cara menghitamkan rambut putih pakai masker dari 1 jenis biji Berbagai sumber

foto: freepik.com

Bagi orang-orang yang memperhatikan kesehatan rambutnya, jintan hitam atau habbatussauda tentu bukanlah sesuatu yang asing di telinga. Kamu pasti pernah mendengar setidaknya sekali, bahwa kandungan nutrisi habbatussauda amat bermanfaat untuk kecantikan dan kesehatan rambut.

Jintan hitam mempunyai manfaat untuk menghitamkan rambut secara alami. Konsentrasi tinggi asam linoleat dalam jintan hitam diklaim membantu mencegah pengurangan melanin atau pigmen dalam sel rambut, dengan demikian mencegah rambut beruban secara dini. Mengaplikasikannya secara rutin ke kulit kepala juga dapat menjaga rambut tetap berkilau untuk waktu yang lama.

Jintan hitam juga memiliki sifat antiinflamasi dan antimikroba yang berguna untuk mencegah kerontokan berlebih dan menjaga kesehatan rambut. Di sisi lain, adanya vitamin A, dan E berguna untuk merangsang folikel dan pertumbuhan rambut baru. Bahkan, kandungan asam lemak dalam biji jintan hitam dapat menjaga kelembapan rambut selama seharian.

(brl/pep)

tags

Advertising
Advertising
STORIES