Bukan dengan lidah buaya, ini trik mudah merontokkan ketombe berkerak hanya pakai 1 jenis minuman

Bukan dengan lidah buaya, ini trik mudah merontokkan ketombe berkerak hanya pakai 1 jenis minuman

Brilio.net - Ketombe menjadi salah satu masalah rambut yang cukup meresahkan bagi sebagian besar orang. Bukan tanpa sebab, munculnya ketombe di dasar kulit kepala bisa mengganggu penampilan secara keseluruhan. Pasalnya, serpihan ketombe terkadang jatuh ke permukaan baju. Sudah pasti kondisi tersebut membuat kita siapapun menjadi tidak nyaman.

Berbicara mengenai ketombe, permasalahan kulit kepala ini memiliki berbagai jenis, salah satunya ketombe berkerak. Kondisi ini biasanya berkaitan dengan seborrhea, dimana kelenjar minyak kulit dapat menghasilkan minyak berlebih. Keadaan ini lah yang dapat menyebabkan kulit kepala menjadi berminyak dan membentuk ketombe berkerak.

Kondisi ini akan semakin parah jika dipengaruhi pertumbuhan jamur malassezia - dapat merangsang produksi minyak berlebih dan menyebabkan peradangan. Maka dari itu, pada akhirnya mengakibatkan pembentukan ketombe berkerak.

Agar ketombe berkerak tidak semakin parah, kamu bisa melakukan perawatan dengan produk yang tepat. Seperti halnya menggunakan sampo khusus untuk ketombe atau rambut berminyak. Pilihlah sampo dengan tekstur lembut dan kandungan antijamur. Selain itu, kamu juga disarankan untuk menghindari produk hair care dengan kandungan bahan kimia keras.

Untuk mendapatkan sampo antiketombe, kamu tak perlu membelinya. Cukup membuat sampo dengan menggunakan satu jenis minuman yaitu teh hijau. Bahan alami ini mengandung polifenol dan katekin. Kandungan tersebut mampu mengurangi peradangan dan melindungi dari radikal bebas. Sementara itu, sifat antijamur dalam teh hijau ini mampu mengatasi ketombe dan membersihkan kulit kepala.

Sementara itu, antiinflamasi di dalam bahan ini mampu menenangkan dan meredakan iritasi pada kulit kepala. Adanya kandungan air di dalam lidah buaya ini mampu melembapkan dan mengurangi ketombe.

Lantas bagaimana cara membuat sampo dari bahan-bahan tersebut? Yuk, simak langkah-langkah di bawah ini.

(brl/ola)

tags

Advertising
Advertising
STORIES