Autobersih dan bersinar, ini trik atasi ketombe dengan scrub rambut dari 3 bahan masak

Autobersih dan bersinar, ini trik atasi ketombe dengan scrub rambut dari 3 bahan masak

Brilio.net - Siapa sih yang nggak mau punya rambut bersih dan bersinar? Yup, kondisi rambut yang bersih memang sepenting itu banget. Rambut yang bersih itu biasanya ditandai dengan kulit kepala yang sehat.

Nah, hal ini nggak cuma membuat tampilan jadi lebih enak dipandang, kondisi rambut bersih juga menunjukkan kalau kamu rajin merawat diri. Plus, rambut yang bersih bikin diri seseorang selalu merasa fresh dan nyaman, sehingga bikin percaya diri saat berinteraksi dengan orang lain.

Namun begitu, sama seperti kulit wajah atau badan lainnya, rambut pun rentan mengalami banyak masalah lho. Salah satu masalah tersebut adalah ketombe. Penyebab ketombe bisa bermacam-macam, namun yang paling umum adalah pertumbuhan jamur malassezia secara berlebihan yang menyebabkan peradangan kulit dan meningkatkan laju pergantian sel kulit kepala.

Selain itu, kurangnya pembersihan kepala secara rutin juga dapat memicu penumpukan minyak, sel kulit mati, dan kotoran lainnya di kulit kepala, menciptakan lingkungan yang ideal bagi pertumbuhan ketombe. Faktor-faktor seperti stres, makanan yang tidak seimbang, dan penggunaan produk perawatan rambut yang tidak cocok pun juga bisa menjadi sebab dari munculnya ketombe ini.

Demi mengatasi masalah ini, nggak jarang lho orang-orang yang rela mengeluarkan banyak uang untuk pergi ke salon mahal.

Padahal, ada banyak sekali cara alami dan hemat uang dalam melawan ketombe ini lho. Nggak usah pusing, karena kamu cukup memanfaatkan scrub ajaib yang terbuat dari bahan alami berupa gula pasir, minyak tea tree, dan minyak kelapa sebagaimana dilansir briliobeauty.net pada Kamis (22/6) dari Instagram @madinashrienzada.

atasi ketombe dengan scrub  Instagram

foto: freepik.com

Gula, yang biasanya digunakan sebagai bahan untuk membuat makanan manis, ternyata juga memiliki manfaat yang luar biasa dalam mengatasi ketombe. Sifat eksfoliatifnya membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dan ketombe yang menumpuk di kulit kepala. Ketika digunakan sebagai scrub, gula membantu membersihkan kulit kepala secara menyeluruh dan merangsang sirkulasi darah, yang penting untuk kesehatan kulit kepala.

atasi ketombe dengan scrub  Instagram

foto: freepik.com

Minyak tea tree telah dikenal luas karena sifat antijamur dan antibakteri yang dikandungnya. Minyak ini merupakan bahan alami yang efektif untuk mengobati ketombe yang disebabkan oleh infeksi jamur atau bakteri. Minyak tea tree membantu mengurangi peradangan pada kulit kepala dan meminimalisasi produksi minyak berlebih yang dapat menyebabkan ketombe.

atasi ketombe dengan scrub  Instagram

foto: freepik.com

Minyak kelapa memiliki peran penting dalam mengatasi ketombe dan menjaga kesehatan kulit kepala. Kandungan asam lemak alami dalam minyak kelapa membantu menjaga kelembapan kulit kepala dan melawan ketombe yang disebabkan oleh kulit kepala yang kering. Minyak kelapa juga memberikan nutrisi yang diperlukan untuk rambut dan kulit kepala, serta melindungi kulit kepala dari kerusakan lingkungan.

(brl/pep)

tags

Advertising
Advertising
STORIES