Brilio.net - Travel saat ini sudah menjadi kebutuhan banyak orang. Hampir semua orang bermimpi bisa mengeksplorasi tempat-tempat seru. Bukan cuma destinasi lokal, tapi juga berbagai tempat menarik di luar negeri.

Saat melakukan perjalanan, selain segala keperluan untuk traveling, kebutuhan jaringan internet juga menjadi pertimbangan penting. Maklum, kini sudah lazim jika momen jalan-jalan selalu menjadi “keharusan” untuk diabadikan. Apa lagi kalau bukan untuk bahan unggahan di media sosial.

Hanya saja, tidak semua tempat yang dituju memiliki jaringan internet yang memadai. Begitu juga di luar negeri, tidak semua negara menyediakan wifi gratis. Memang banyak cara untuk menyiasatinya. Salah satunya menggunakan subscriber identification module (SIM) Card negara tujuan.

JavaMifi © 2019 brilio.net

Tapi konsekuensinya harga paket daya yang ditawarkan jauh lebih mahal. Namun cara ini biasa digunakan mereka yang berkunjung dalam kurun waktu yang lebih lama. Bisa juga dengan membeli data roaming sebelum berangkat. Hanya saja harga yang diterapkan tergantung negara tujuan. Semakin jauh negara tersebut pastinya akan lebih mahal.   

Loading...

Nah buat Sobat Brilio yang punya rencana jalan-jalan ke Jepang, saat ini ada cara yang lebih oke lho. Baru-baru ini, JavaMifi, perusahaan lokal penyedia layanan sewa pocket wifi untuk traveler bekerjasama dengan perusahaan asal Jepang, Og Inc atau yang dikenal dengan nama Sakura Mobile.   

Kedua perusahaan akhir pekan lalu telah menandatangani nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) di Kembali Innovation Hub, Denpasar, Bali untuk menyediakan wifi mobile yang bisa digunakan masyarakat Indonesia dan Jepang yang ingin bepergian di kedua negara.

Penandatanganan kerjasama kedua perusahaan dilakukan Founder JavaMifi, Suhartanto Raharjo dan General Manager, Arindro Nugroho dengan pihak Sakura Mobile yang diwakili Kosei Shimoda selaku Co-Founder & Chief Operations Officer (COO) dan Shuhei Imuro selaku General Manager.

“Sakura Mobile memiliki visi-misi yang sejalan dengan JavaMifi, sehingga kami yakin dengan dukungan jaringan mereka, JavaMifi mampu memberikan level of service yang semakin excellent kepada setiap pengguna travel wifi inbound dan outbound,”  kata Arindro.

Kerja sama ini menurut Founder JavaMifi Andintya Maris, merupakan awal dari ekspansi bisnis JavaMifi di awal 2019. Pasar Jepang dipilih setelah melihat besarnya pertumbuhan wisatawan baik dari sisi inbound maupun outbound.

JavaMifi © 2019 brilio.net

“Dengan hadirnya JavaMifi di Jepang, semakin mengukuhkan positioning JavaMifi sebagai satu-satunya layanan penyediaan pocket Wi-Fi yang fokus terhadap wisatawan asing dan Indonesia,” ujar Andintya dalam keterangan resminya yang diterima Brilio.net, Kamis (31/1).  

Dipilihnya Jepang bukan tanpa alasan. Wisatawan Negeri Matahari Terbit ini sejak lama memegang peranan penting bagi pariwisata Indonesia. Buktinya, jumlah wisatawan Jepang yang berkunjung ke Indonesia terus mengalami kenaikan hingga tercatat tembus 700.000 orang pada 2017 silam. Bahkan warga Jepang terus mendominasi destinasi utama wisatawan Indonesia sepanjang 2018 lalu.  

Dengan kerja sama ini, wisatawan Jepang yang berkunjung ke Indonesia bisa mendapatkan modem JavaMifi langsung saat masih berada di Jepang, baik diantar ke rumah atau kantor. Selain itu mereka juga bisa mengambil sendiri di outlet Sakura Mobile atau konter bandara Jepang sebelum keberangkatan. Bisa juga diambil ketika mereka tiba di Indonesia seperti di bandara, hotel, atau vila tempat mereka menginap.

“Dengan kemudahan ini, wisatawan Jepang yang akan datang ke Indonesia baik untuk tujuan bisnis maupun liburan, dapat terkoneksi dengan internet yang andal,” ujar Andintya.

Tak hanya itu, wisatawan Jepang pengguna JavaMifi juga akan memperoleh layanan 24 jam, jika membutuhkan tambahan modem atau bantuan lain selama berada di Indonesia.

“Wisatawan Jepang yang akan datang ke Indonesia baik untuk tujuan bisnis maupun liburan akan dapat tetap terkoneksi internet dengan dukungan lokal di Indonesia dan customer service berbahasa Jepang, sehingga akan membuat orang Jepang tetap merasa seperti berada di negara asal,” ungkap Kosei Shimoda.

Begitu juga sebaliknya. Kehadiran JavaMifi di Jepang tentunya akan memudahkan wisatawan Indonesia pengguna JavaMifi yang berkunjung ke Jepang. Mereka tetap terkoneksi internet dengan tambahan pilihan, yaitu dapat mengambil travel wifi di Jepang begitu tiba di bandara Jepang atau di hotel tempatnya menginap. Pengguna JavaMifi juga akan memperoleh layanan tim lokal di Jepang yang memerlukan bantuan.

Sementara Shuhei Imuro mengatakan punya alasan memilih JavaMifi sebagai penyedia layanan rental wifi terkemuka di Indonesia. Tujuannya untuk memastikan pengguna Sakura Mobile mendapatkan layanan terbaik selama perjalanan mereka di Indonesia.

Selama ini wisatawan Jepang yang berkunjung ke Indonesia memiliki tujuan utama Bali. Harapannya, dengan adanya kemudahan koneksi internet dari kerja sama ini, wisatawan Jepang juga tidak ragu mengeksplorasi berbagai destinasi wisata menarik lain di Indonesia.