Brilio.net - Hobi foto saat ini memang semakin digandrungi oleh banyak orang. Seiring dengan perkembangan sosial media seperti Instagram, membuat orang-orang untuk berburu foto.

Salah satu tren yang hingga saat ini masih menjadi favorit adalah foto ala-ala OOTD atau Outfit of The Day. Spot-spot tertentu seperti pintu lucu, tembok yang berwarna polos, hingga tembok yang ditumbuhi dedaunan seringkali dijadikan sebagai background untuk berfoto seperti model. Itulah mengapa sekarang banyak selebgram bermunculan di feed Instagram.

Aktris cantik Dian Sastro yang juga sebagai co-founder dari start-up traveling photography, mengaku merasa tertantang untuk menghasilkan berbagai foto menarik. Apalagi ia juga hobi traveling pasti ingin menciptkan momen bahagia bersama keluarga dan teman-teman.

"Sayangnya, sebagai fotografer amatir, hasil jepretan saya sering kurang simetris. Padahal, sudah coba jepret berkali-kali, tapi belum juga menemukan hasil foto yang cantik. Permasalahan yang biasanya dihadapi oleh banyak orang termasuk saya adalah kurang memahami aturan dasar fotografi," katanya kepada media.

Diansastro © 2019 brilio.net

 

Belum lama ini, ibu dua anak ini pun menemukan salah satu smartphone yang bisa memenuhi kebutuhannya untuk menyalurkan bakat di dunia fotografi. Ya, menurut Dian Samsung S10 memiliki fitur yang sangat bagus. Fitur Smart Composition membantunya mendapatkan foto dengan komposisi sempurna.

"Kejadian yang sering terjadi adalah saat memotret horizon garis pantai, meski sudah mengaktifikan sembilan titik pada pengaturan, masih saja tampak miring. Padahal akan lebih cantik bila diabadikan dengan simetris. Contoh lainya lagi, tidak semua orang paham aturan rule of third. Berkat smart composition Galaxy S10 yang tidak ada di smartphone lain, saya sudah tidak perlu pusing lagi. Cukup menggerakkan kamera sesuai dengan arahan bulatan, hingga berwarna kuning, klik, jadi deh foto yang instagramable," jelasnya.

Menurutnya, keunggulan fitur kamera menjadi salah satu pertimbangan penting bagi seseorang dalam memilih smartphone, begitu juga dengan dirinya. Sebagai orang yang masih belajar fotografi penting untuk memiliki kamera dalam genggaman yang lebih cerdas hingga mampu membuat hasil jepretan saya semakin keren. Tanpa perlu ribet mengatur komposisi, memperhatikan pencahayaan, saya bisa meng-capture foto layaknya seorang fotografer profesional.

"Saya pribadi memiliki kegemaran pada industri fashion. Karena saya kerap mengabadikan Outfit of The Day (OOTD). Smartphone dengan Scene Optimizer dapat mengenali warna baju dan sepatu yang lebih akurat. Hasil foto OOTD jadi semakin stunning,” imbuh Dian.

Dalam kesempatan yang sama, pemeran Kartini itu pun memberikan tipsmemotret OOTD agar menghasilkan gambar yang menarik.

1. Pilih lokasi.

Temukan lokasi menarik sebagai latar foto. Latar bisa bidang yang dihias dengan mural atau warna vibrant, atau dinding polos biasa. Agar semakin artistik, kita dapat menambahkan efek bokeh pada latar. Seri Samsung Galaxy S10 dengan Artistic Live Focus mampu memberikan efek unik tersendiri pada foto yang di-capture.

"Artistic Live Focus merupakan salah satu fitur favorit saya dari seri Samsung S10, Zoom bokeh. 2. Spin bokeh, 3. Color point bokeh. Saya kerap mengaplikasikan fitur ini karena unik! Pada fitur color point bokeh, saya dapat memberikan warna hanya pada satu objek tertentu, sedangkan objek lain di sekitar berwarna hitam putih. Unik kan? Sekarang, foto artistik, jadi lebih mudah diciptakan, cukup atur dari smartphone tanpa harus mendownload aplikasi tambahan. Kamera di Galaxy S10 meningkatkan kualitas gambar yang saya ambil, layaknya profesional,” jelasnya.

2. Pilih foto alternatif.

Foto terbaik, sering kali tidak didapatkan dalam satu kali jepretan. Untuk itu, saat sedang melakukan OOTD, kita perlu mengambil beberapa alternatif.

3. Cara gambar dengan perspektif yang berbeda.

Potret OOTD tidak selalu harus diambil dari depan atau meng-capture outfit dari ujung kepala hingga ujung kaki. Kita dapat meng-eksplore berbagai perspektif, seperti mengambil foto dari samping, dari atas atau meng-capture salah satu item fashion favorit seperti, baju, jam tangan, perhiasan atau sepatu. Dengan Scene Optimizer pada Galaxy S10, foto details clothing atau sepatu menjadi lebih vibrant.

"Kini, feed instagram saya jadi makin apik! Bukan sekedar mencuri perhatian karena gaya busana, fitur scene optimizer mempercantik foto OOTD saya. Secara singkat, scene optimizer pada seri Samsung Galaxy S10 membantu kita mempercantik konten media sosial sesuai dengan interest kita,” tutup Dian.