Brilio.net - Setelah resmi meluncurkan layanan 5G di Jakarta belum lama ini, Telkomsel langsung tancap gas. Perusahaan telekomunikasi ini memperluas layanan 5G di tiga kota yaitu Balikpapan, Medan, dan Surakarta. Peluncuran dilakukan secara serentak di GraPARI Telkom Group Medan, Kantor Balai Kota Surakarta, dan GraPARI Balikpapan, Kamis (3/6/2021).

Pada fase awal peluncuran ini, layanan Telkomsel 5G di ketiga kota tersebut tersedia di beberapa wilayah yang cakupannya akan terus diperluas secara bertahap. Untuk kota Medan, wilayah cakupan Telkomsel 5G meliputi area GraPARI Telkom Group Medan, area residensial BHR Residence (Bukit Hijau Regency), Taman Setia Budi Indah (Tasbih 1) dan Perumahan Dinas Pemerintahan di Jalan Jenderal Sudirman. Di Surakarta, cakupan jaringan Telkomsel 5G meliputi area Balai Kota Surakarta dan GraPARI Surakarta. Sedangkan di Balikpapan, jaringan Telkomsel 5G sudah dapat dinikmati di GraPARI Balikpapan.

Artinya, jaringan 5G Telkomsel kini sudah tersedia di beberapa titik di wilayah setempat yang cakupannya akan terus diperluas secara bertahap. Langkah ini merupakan bagian dari upaya Telkomsel dalam melakukan percepatan pengembangan teknologi jaringan 5G dan menghadirkan berbagai produk, layanan, serta solusi digital yang lebih inovatif dan customer-centric.

Layanan Telkomsel 5G © 2021 brilio.net

“Sebagai the first 5G operator in Indonesia, Telkomsel terus melakukan upaya bertahap dan terukur dalam memperluas ketersediaan layanan Telkomsel 5G di Indonesia sehingga kedepannya siapa pun dapat merasakan the best 5G experience dengan dukungan jaringan 5G yang andal,” ujar Direktur Utama Telkomsel, Hendri Mulya Syam dalam keterangan resmi, Kamis (3/6/2021).

Hadirnya jaringan 5G di tiga kota ini, kata Hendri, merupakan awal dari upaya berkelanjutan yang dilakukan secara terukur. Diharapkan dengan keberadaan jaringan Telkomsel 5G ini dapat mengakselerasi pengalaman gaya hidup digital masyarakat, termasuk digitalisasi aktivitas yang dilakukan mulai dari pemerintah daerah, pelaku UMKM, hingga lintas sektor industri agar dapat meningkatkan produktivitas yang lebih tinggi, mendorong efisiensi dan menghadirkan inovasi yang lebih banyak.

“Hadirnya Telkomsel 5G ini merupakan simbol komitmen kami untuk memajukan setiap daerah sebagai pondasi ekosistem digital nasional yang inklusif dan berkelanjutan,” ungkap Hendri.

Layanan Telkomsel 5G © 2021 brilio.net

Dalam peluncuran 5G di Kota Surakarta, Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Johnny G Plate mengatakan, pembangunan infrastruktur ICT juga harus didukung di sisi hilir dengan pemanfaatan teknologi digital yang begitu berkembang untuk kepentingan masyarakat.

“Kehadiran infrastruktur di hulu harus memberikan manfaat di hilir untuk kepentingan masyarakat dan untuk kepentingan ekonomi. Kita harus memastikan bahwa digital economy, digital culture, digital society, dan digital government semuanya harus kita kuasai,” tegas Johnny.

Johnny menambahkan, ke depannya 5G akan dikembangkan secara gradual sesuai kematangan ekosistem, khususnya di wilayah kota-kota perintis, yakni Surakarta dan 7 kota lainnya.

 

(brl/red)

(brl/red)