×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Tak cuma dibaca, pakai aplikasi ini sekarang buku bisa didengarkan lho

View Image

0

BRILIO » Gadget

Tak cuma dibaca, pakai aplikasi ini sekarang buku bisa didengarkan lho

Setiap kata bisa didengarkan melalui rekaman cerita oleh narator dari aplikasi ini.

31 / 05 / 2016

Brilio.net - Terkadang karena kesibukan, banyak orang yang mulai mengurangi aktivitas membaca, sementara membaca buku adalah suatu kebiasaan dan kegiatan yang baik. Melihat hal itu, Afit Husni K (30), bersama rekannya Irwan Kartadipura membuat suatu aplikasi yang bernama Listeno. Listeno adalah layanan aplikasi buku cerita yang disajikan secara berbeda. Setiap kata dalam ceritanya bisa didengarkan melalui rekaman cerita oleh narator dari aplikasi ini.

Lelaki yang berlatar belakang blogger ini rupanya pernah bekerja di bidang Human Resources selama 4 tahun. Kini, ia telah meninggalkan dunia perkantorannya tersebut dan mulai fokus untuk mengembangkan Listeno, bersama timnya, yang tak hanya engineer saja, tetapi juga narator, yakni yang membacakan buku di aplikasi audiobook tersebut.

BACA JUGA: 12 Meme 'beda pacaran dan jomblo' ini bikin jombloers makin ngenes

Bagi Afit, informasi tetap bisa disampaikan meskipun seseorang tak punya banyak waktu untuk membaca buku, dengan cara mendengarkan narasi di aplikasi Listeno ini. Sampai saat ini buku cerita yang bisa dinikmati di Listeno berjumlah 120 judul. Mulai dari cerita pendek, novel, motivasi, horor, cerita remaja, dan cerita anak. User aktifnya ada 2.000, dan jumlah download bukunya mencapai 15.000 download. Itu masih terus bertambah seiring dengan kerja sama yang telah dibuat antara Listeno dengan beberapa penerbit, baik di Yogyakarta maupun di Jakarta, seperti Indie Book Corner, Oak Media, Istana Media, Qudsi Media, Nulis Buku serta Bentang Pustaka.

"Saya hanya ingin membantu banyak kalangan melalui aplikasi ini. Tak hanya orang yang sibuk saja, tetapi juga difabel netra yang tetap bisa mendapat informasi dari buku, dengan mendengarkan aplikasi ini," ujarnya kepada brilio.net, Selasa (17/5).

Loading...

Rencananya, Afit dan timnya akan mengadakan pelatihan mendongeng dan menulis dongeng untuk anak-anak di tingkat Sekolah Dasar di Yogyakarta dalam waktu dekat ini. Baginya, kemampuan mendongeng dan menulis cerita dongeng kini perlu dikembangkan sejak usia dini, mengingat semakin sedikit buku tentang anak-anak yang ada di pasaran.

Tak hanya itu, Listeno juga mempunyai seperangkat alat mendengarkan audiobook yang bisa dipinjam secara gratis untuk institusi seperti sekolah luar biasa untuk difabel netra. "Seperangkat itu berupa headset dan device yang telah diinstal aplikasi, silakan yang ingin meminjam," pungkasnya.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    50%

  • Ngakak!

    25%

  • Wow!

    25%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more