Brilio.net - Kamu pasti merasa jengkel ketika menunggu angkutan umum yang tak lekas datang, karena jadwalnya tak menentu. Apalagi kamu sedang diburu waktu. Masalah ini mengilhami Country Manager Trafi Indonesia, untuk menciptakan aplikasi perencanaan kota dengan dara real-time bernama Trafi.

Aplikasi tersebut secara resmi diluncurkan di Jakarta pada Rabu (25/5), dan dimaksudkan untuk mewujudkan konsep Smart Mobility dan Smart City yang sedang digalakkan Pemprov DKI. Dimas Dwilasetio, Country Manager Trafi Indonesia menjelaskan aplikasi Trafi menawarkan tiga fitur utama yaitu pencarian rute, membuat jadwal dan crowd source.

Trafi © 2016 brilio.net

"Trafi ini juga bekerja sama dengan Trans Jakarta, mikrolet dan kopaja, ditambah dengan sumber daya manusia dari Indorelawan dan smartmikrolet," ujar Dimas seperti dikutip brilio.net dari antara, Jumat (27/5).

Relawan-relawan inilah yang kemudian mencari data ke terminal, divalidasi data jadwal dan cek apakah data itu benar atau tidak. Sedangkan untuk crowd sources, datanya diberikan oleh pengguna yang memberikan laporkan feed back langsung sehingga datanya akan selalu akurat.