Brilio.net - Hari ini, Rabu, 17 Agustus 2016, rakyat Indonesia semarak merayakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan yang ke-71. Seperti agenda setiap tahunnya, Istana Negara mengadakan upacara yang dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo. Namun jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, perayaan HUT RI tahun ini tampak spesial.

Salah satu pembedanya adalah penggunaan sejumlah teknologi modern dalam mengabadikan momen detik-detik pengibaran sang saka Merah Putih serta jalannya upacara. Melalui akun Twitternya, Presiden Joko Widodo memberitahukan jika pelaksanaan upacara di Istana bisa disaksikan secara online. "Kali ini, kita bisa saksikan detik2 Proklamasi #RI71 dgn teknologi kamera 360°lewat kanal YouTube & Twitter saya -Jkw," ujar Jokowi.

Teknologi kamera 360°memang masih terbilang baru. Dengan adanya teknologi ini, kita bisa menyaksikan video siaran langsung dengan sudut mencapai 360°. Itu artinya, kita bisa melihat jalannya upacara secara leluasa dan memilih angle sesuai keinginan.

Teknologi ini memang dipakai berdasarkan instruksi langsung Presiden Jokowi. Harapannya, masyarakat bisa menikmati dan merasakan langsung jalannya upacara. Nah, buat kamu yang penasaran menyaksikan jalannya upacara di Istana Negara dengan memakai teknologi kamera 360°, kamu bisa mengunjungi akun Twitter Presiden Jokowi.

Dan juga akun YouTube-nya: