Brilio.net - Banyak dari kamu pasti kesel jika komputer (PC) mulai lemot. Dipakai untuk kerja nggak asik, apalagi buat main game. Nah kalau sudah begini pilihannya cuma dua. Beli baru atau ngerakit sendiri CPU-nya.     

Nah buat mereka yang memiliki budget terbatas, ngerakit sendiri tentu menjadi pilihan. Sebab, biayanya bisa lebih murah. Tapi tentu saja memilih rangkaian perangkat keras menjadi penting agar komputer yang dirakit bisa mumpuni.  

Nah soal perangkat keras (hardware), motherboard menjadi bagian yang sangat penting. Buat kamu yang ingin upgrade komputer atau ingin merakit CPU sendiri, motherboard B560 keluaran MSI bisa jadi rekomendasi.

Maklum motherboard dengan chipset B560 ini memiliki design premium untuk performa maksimal. Sebab, perangkat keras ini memiliki fitur extended heatsink untuk menjaga suhu motherboard tetap rendah saat menjalankan prosesor intel generasi terbaru  sehingga performa menjadi maksimal.

Motherboard untuk rakit komputer © 2021 brilio.net

Lalu ada juga fitur core boost yang di buat untuk mengalirkan arus yang tidak terdistorsi ke CPU dengan akurasi tinggi, sehingga menciptakan kondisi sempurna untuk overclocking. Ada banyak fitur lain seperti, M.2 shield frozr, sistem cooling, Frozr AI cooling, PCB dari motherboard B560 series terbuat dari 2 ounce thickened copper untuk memaksimalkan conductivity, termasuk mempercepat pelepasan panas dan memberikan performa yang realiable saat overcloking.

Sebagai tambahan, M.2 pada B560 series sudah berteknologi PCIe generasi 4 yang dua kali lebih cepat dari PCIe gen 3, dengan catatan motherboard B560 series harus dipasangkan dengan CPU processor intel gen 11 karena processor intel gen 10 tidak memiliki controller PCIe gen 4.

Jika motherboard MSI B560 series di pasangkan dengan processor intel gen 10 maka 1 slot M.2 akan otomatis berjalan pada PCIe Gen 3, sehingga masih tetap bisa digunakan.

Yang paling penting motherboard MSI B560 Series bisa untuk overclocking RAM (memory) dengan mengaktifkan fitur XMP, ataupun menggunakan fitur “Memory Try It!” yang bisa di akses pada BIOS motherboard B560 Series. Memory overclocking pada motherboard MSI B560 Series bisa dilakukan pada user yang memasangkan motherboard ini dengan prosesor intel gen 11 dan gen 10  jika sebelumnya pada seri motherboard dengan chipset B460 series tidak tersedia overclocking memory untuk prosesor intel gen 10.

Jadi motherboard terbaru ini otomatis memberikan user extra performance yang jauh lebih baik dari generasi motherboard B series sebelum nya, alias membuatnya menjadi motherboard chipset Intel B-series pertama yang bisa melakukan overclocking.

Motherboard untuk rakit komputer © 2021 brilio.net

Nah, apa sih fitur overclocking itu? Overcloking adalah upaya yang dilakukan untuk mendapatkan performa yang lebih dari sebuah komponen PC dengan cara mengubah clock-rate, multiplier, dan juga voltase dari komponen tersebut, overclocking pada dasarnya memungkin kan pengguna untuk mendapatkan performa tambahan secara gratis dari part yang sedang digunakan karena performance dari sebuah komponen out-of-the box bukan lah sebuah hal yang mutlak, overclocking yang sukses akan memberikan pengaruh seperti FPS yang lebih tinggi pada saat bermain game dan render/ preview time yang lebih cepat saat melakukan editing video. Wow! Jadi, sudah pasti ngebut nih PC nya!

Ada 3 part PC yang bisa di overclock, yaitu CPU, Graphic Card, dan RAM (memory), ketiga part ini bisa di overclock dengan cara yang sangat mudah, yaitu dengan hanya memakai fitur yang bernama Memory Try It! yang sudah tersedia pada BIOS motherboard MSI B560 Series, user tinggal masuk ke BIOS dengan menekan tombol delete saat PC baru dinyalakan, kemudiak masuk ke tab advance menekan (shortcut F7), dibagian OC pilih fitur Memory Try It! Disini user akan menemukan banyak profile Overclocking memory yang sudah disediakan, profile ini akan berbeda-beda sesuai dengan RAM yang digunakan, disini user bisa memilih untuk mengaktifkan profile mana yang paling cocok dengan rating RAM yang dimiliki. Mudah bukan? 

Kompetisi overclocking

Motherboard untuk rakit komputer © 2021 brilio.net

Nah, buat kalian yang ingin membuktikan Overclocking, sekaligus ingin mendapatkan hadiah, kalian bisa mengikuti kompetisinya secara gratis loh! MSI mengadakan “MSI B560 Memory Try It! Overlocking Competition” yang berhadiah monitor gaming, gaming chair, liquid cooler, hingga puluhan lucky draw steam wallet masing-masing sebesar USD 30.

“MSI Indonesia dengan pertama kalinya mengadakan Overclocking Competition yang berfokus hanya di motherboard B560. Tidak ada persyaratan khusus untuk membandingkan kinerja memori atau CPU kelas atas selama kompetisi ini. Ini murni perbandingan frekuensi memori pada Motherboard. Ke depan kita akan mencoba untuk mengadakan kompetisi ke segala seri Motherboard MSI yang ada,” ungkap MSI Country Manager MSI Indonesia Michael Liang.

Pendaftaran dibuka hingga 31 Agustus 2021. Caranya pun sangat mudah. Miliki Motherboard B560, lalu Overclock RAM kalian pada fitur Memory Try It!, validasi hasilnya melalui CPU-Z (screenshot), lalu upload hasil ke website competition page MSI. Selengkapnya kalian bisa cek link ini.