Brilio.net - Semakin hari kecanggihan teknologi yang hadir semakin mutakhir. Awalnya hadir hanya untuk bertugas mengirim pesan teks dan telepon, kini ponsel sudah mencapai tahapan telepon pintar atau smartphone. Dalam smartphone kamu bisa melakukan banyak hal seperti memotret, menonton video sampai dipakai untuk meremot kerjaan saat sedang di luar kantor.

Biasanya saat mengetik direpotkan dengan layar HP yang terlalu besar. Mau tak mau, kamu harus menggunakan kedua tanganmu untuk membalas pesan atau mengetik sesuatu. Artinya saat sedang mengetik kamu tak akan bisa nyambi melakukan pekerjaan lain.

Tapi kini, kamu sudah mulai bisa mengetik dengan menggunakan suara, lho. Namun fitur ini baru bisa digunakan di aplikasi Google Docs saja. Belum bisa digunakan di aplikasi pesan singkat macam Whatsapp, Line, dan lainnya karena pada aplikasi tersebut telah ada yang namanya pesan suara. Meski demikian, ini akan memudahkan kamu yang sering mengetik kerjaan di smartphone.

Seperti inilah canggihnya mengetik dengan menggunakan suara seperti brilio.net kutip dari akun @chirpstory_ed, Sabtu (10/3).


Canggih banget, bukan? Kalau kamu mau mencoba, simak caranya sebagaimana brilio.net himpun dari akun @chirpstory_ed di bawah ini.

1. Pastikan fitur voice input di keyboard smartphone kamu aktif. Kalau di keyboard kamu ada simbol mic-nya, berarti fitur tersebut telah aktif.

mengetik dengan suara © Twitter/@chirpstory_ed


2. Terpenting adalah kamu harus set bahasa di voice input itu dengan Bahasa Indonesia.

mengetik dengan suara © Twitter/@chirpstory_ed


3. Fitur ini juga bisa mengenali beberapa perintah baca seperti titik, koma, tanda tanya, tanda seru dan lain-lain.

mengetik dengan suara © Twitter/@chirpstory_ed


4. Jangan lupa, mengucapkan kata-kata dengan jelas dan dengan tempo yang tidak terlalu cepat. Jangan disamakan dengan saat ngomong biasanya, ya.

mengetik dengan suara © Twitter/@chirpstory_ed



Tak bisa langsung sempurna, kalau memilih untuk mengetik dengan fitur suara ini kamu harus tetap memerhatikan kesalahan-kesalahan. Oleh karena pasti ada sedikit kesalahan yang dilakukan oleh aplikasi ini. Pokoknya canggih banget, deh!