Brilio.net - Dampak dari layanan Facebook, Instagram, dan WhatsApp down ternyata bukan cuma dirasakan oleh pihak eksternal saja. Namun juga membuat putusnya akses komunikasi di internal Facebook.

Sebagaimana yang dilaporkan oleh The Verge, Selasa (5/10), sistem internal Facebook mengalami gangguan dan menyulitkan komunikasi dan pekerjaan karyawan Facebook. Akhirnya sejumlah karyawan harus menggunakan alternatif lain untuk berkomunikasi.

Mereka mengatakan terpaksa harus berkomunikasi menggunakan akun email Outlook yang disediakan kantor, meskipun mereka tidak bisa menerima email dari alamat eksternal ketika Facebook down.

komunikasi internal fb terputus © 2021 Pexels

foto: Pexels.com

"Karyawan yang masuk ke work tools seperti Google Documents dan Zoom sebelum layanan down masih bisa menggunakannya, namun setiap karyawan perlu masuk dengan email kerja mereka tidak bisa masuk," tulis The Verge dalam laporannya.

Layanan WhatsApp, Instagram, dan Facebook yang sempat down kini sudah berangsur normal atau kembali online. Butuh berjam-jam bagi Facebook memulihkan layanan yang tumbang tersebut.

komunikasi internal fb terputus © 2021 Pexels

foto: Pexels.com

Mengutip The Verge, Selasa (5/10), butuh waktu sekiranya 6 jam bagi Facebook untuk memperbaiki layanan mereka yang down. Sebelum ini Facebook juga pernah mengalami gangguan cukup parah pada 2019 lalu. Saat itu Facebook down lebih 24 jam. Alhasil banyak pemilik bisnis yang mengandalkan Facebook mengalami kerugian.

Facebook berhasil memperbaiki masalah ini pada pukul 17.30 sore waktu AS. Namun butuh waktu cukup lama untuk menjangkau semua orang, termasuk di Indonesia. Hingga pada pagi hari 05.30 WIB, barulah ketiga platform ini kembali online.