Brilio.net - Situs standar dalam analisis aplikasi, App Annie, telah merilis aplikasi paling banyak diunduh di Play Store yang mana menghasilkan pendapatan terbesar. Menurut laporannya, penghitungan dimulai sejak sejak kuarter 1 tahun 2012 sejak Play Store muncul, hingga kuarter 1 tahun 2016. Apa saja aplikasi yang paling populer sejauh ini di Play Store?

Line mendominasi tiga posisi teratas. Line App di urutan pertama, diikuti oleh Line Play lalu Line Manga. Aplikasi Line mayoritas digunakan oleh masyarakat Jepang. Line App dan Line Play juga banyak diunduh melalui iOS. Di urutan keempat adalah Pandora Radio, diikuti oleh KakaoTalk di urutan kelima.

BACA JUGA: Pengguna Android? 10 Aplikasi ini bakal bikin hpmu makin kenceng lho

Sedangkan aplikasi paling banyak diunduh secara langsung tanpa melalui Play Store adalah Facebook, diikuti oleh WhatsApp Messenger yang masih satu grup dengan Facebook, lalu Facebook Messenger, dan Instagram. Keempatnya adalah aplikasi di bawah kendali Mark Zuckerberg. Di posisi kelima ada Clean Master.

Sekitar 90% unduhan dari Play Store merupakan game. Lima game paling dicari sejak rentang waktu 2012-2016 adalah Puzzle & Dragons, diikuti Clash of Clans, lalu Rakasa Strike, Candy Crush Saga, dan Game of War-Fire Age.

Loading...

Adapun game yang paling banyak diunduh sejak masing-masing game tersebut rilis adalah Subway Surfers, diikuti oleh Candy Crush Saga, Pou, Temple Run 2 dan Hill Climb Racing.

App Annie mengamati bahwa negara berkembang adalah pasar utama untuk aplikasi Android.