Brilio.net - Masih ingat ajang Indosat Ooredoo Digital Camp (IDCamp) Augmented Reality (AR) Creator yang diluncurkan beberapa waktu lalu? Nah menyusul kesuksesan ajang pertama tersebut, Indosat Ooredoo dan Snap Inc kembali mengumumkan program pelatihan developer secara online dan serangkaian kompetisi developer challenge season kedua.  

Sekadar mengingatkan, IDCamp AR Creator merupakan program selama satu tahun yang diluncurkan sejak Februari 2021 yang digelar untuk memberdayakan para kreator Indonesia mengeksplorasi dan memaksimalkan kekuatan AR sambil membuka jalan bagi masyarakat Indonesia untuk mengakses ekonomi digital yang terus berkembang. 

Nah pada tantangan pertama April lalu, fokus pada festival Ramadan dan berlangsung selama empat minggu. Para peserta berkompetisi membuat lens, atau lensathon. Kompetisi tersebut mengundang para kreator membuat lens yang menarik menggunakan aplikasi desktop Snap's Lens Studio untuk merayakan bulan Ramadan. Saat itu lebih dari 2.000 lens dikirimkan dan 100 pemenang mendapatkan 2.500 poin.

IDCamp Indosat © 2021 brilio.net

Dengan poin tersebut, pemenang dapat mengakses materi pelajaran tambahan atau menukarnya dengan hadiah. Desain lens pemenang banyak mengeksplorasi ekspresi menggunakan pola dan simbol Indonesia, hal menarik seputar adat istiadat setempat, dan perayaan momen spesial Ramadan. Tangkap THR dan Makan Ketupat adalah dua Lens pemenang yang diciptakan Rizky Adi, 21 tahun, mahasiswa Teknik Informatika Politeknik Negeri Jakarta, yang berhasil menjadi kreator pertama di Indonesia dalam Snap Lens Network.

“Dengan lebih dari 500 peserta pada challenge pertama, kami tahu bahwa developer dan programmer muda Indonesia semakin bersemangat untuk mengeksplorasi kekuatan teknologi AR yang menawarkan cara yang lebih mendalam bagi orang untuk berinteraksi dan terlibat dengan orang lain di dunia yang semakin digital ini,” ujar Ritesh Kumar Singh, Chief Commercial Officer Indosat Ooredoo.  

Nah jelang Hari Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus, tantangan kedua kali ini mengundang para kreator untuk merancang lens yang merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-76. Sesuai dengan tema nasional Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh.

“Dalam rangka memeringati Hari Kemerdekaan, kami berharap tantangan ini dapat menjadi wadah bagi para kreatif muda untuk menyampaikan harapan dan aspirasinya dalam memajukan Indonesia sebagai bangsa digital,” lanjut Kumar Singh.

IDCamp Indosat © 2021 brilio.net

Lensathon yang akan datang ini akan menjadi kesempatan bagi para peserta mengungkapkan harapan dan visi mereka untuk Indonesia yang tangguh dan berkembang di tengah pandemi. Lens akan dievaluasi berdasarkan kriteria, termasuk kompleksitas, kreativitas, fungsionalitas, dan keterlibatan. 

“Kami menciptakan Lens Studio karena ingin memberdayakan komunitas kami untuk membawa imajinasi mereka menjadi nyata dan menyenangkan sekali memiliki Indosat Ooredoo sebagai mitra yang berbagi visi ini. Kami senang melihat semua Lens yang dibuat dan dibagikan orang untuk merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia,” ungkap Anubhav Nayyar, Director of Market Development SEA, Snap.

Nah buat kamu yang ingin ikutan, buruan daftar challenge kedua di sini. Pendaftaran akan ditutup Rabu 11 Agustus. Peserta developer challenge juga dapat mengikuti program IDCamp AR Creator yang didukung Snap’s Lens Studio hingga 30 September 2021 dengan mengunjungi laman ini.