Brilio.net - Banyak orang mulai tidak bisa lepas dari smartphone atau ponsel. Dari mulai bangun tidur hingga tidur lagi, ponsel tidak pernah lepas dari genggaman. Pasalnya beberapa fitur di ponsel memudahkan sebagian orang dalam beraktivitas.

Rupanya, seseorang terancam bahaya jika terlalu sering menggenggam ponsel. Salah satunya adalah dapat membahayakan kulit. Dilansir brilio.net dari Times of India, Selasa (29/5) orang yang sering berkutat dengan ponselnya biasanya sangat mempengaruhi pola tidur. Orang akan lebih senang bermain ponsel ketimbang istirahat.

Sinar ponsel bisa merusak kualitas tidur seseorang. Dengan begitu akan berpengaruh juga dengan masalah kulit yang akan diderita. Karena kurang tidur, kulit cenderung kering dan semakin terlihat kusam.

Selain itu, ponsel juga dapat menyebabkan stres. Seseorang cenderung cemas ketika jauh dari ponsel. Mereka juga jadi bergantung untuk terus mengecek notifikasi yang masuk. Stres ini berpengaruh juga pada kulit, stres bisa membuat kulit menjadi mudah berjerawat. Panas yang ditimbulkan oleh ponsel bisa menimbulkan flek-flek hitam dan bahkan hiperpigmentasi.

Sadarkah kamu saat menatap ponsel akan membuat mata menjadi sedikit jereng. Mata yang jereng terus menerus bisa menyebabkan kaki gagak atau keriput di bagian mata luar. Bentuk huruf di layar ponsel sangat kecil dan itulah sebabnya mata membuat otot lebih banyak berkontraksi untuk fokus yang lebih baik. Semua ini bisa memicu penuaan dini, yang bisa menimbulkan keriput di sekitar mata.

Di samping itu, untuk melihat ponsel kita terus menerus menatap ke bawah. Hal ini menyebabkan gerakan repetitif pada leher yang menyebabkan keriput karena kulit sangat lembut dan bisa kehilangan elastisitasnya. Untuk menghindarinya, kamu bisa melatih postur yang baik dan melembapkan kulit leher untuk meningkatkan pembaruan sel.

Nah sekarang sudah tahu kan bahaya terlalu sering menggenggam ponsel, hati-hati ya guys.