Brilio.net - Kini gadget seakan sudah seperti sahabat bagi para penggunanya, termasuk untuk HP. Nggak hanya dimanfaatkan sebagai alat berkomunikasi, HP juga membantu pengguna untuk menyelesaikan masalah dengan ringkas. Mulai dari mengerjakan tugas, mencari informasi, merekam momen, sampai dengan mengirim barang dengan cepat. Bahkan dalam satu HP kamu bisa mengerjakan beberapa pekerjaan sekaligus. Apalagi HP seri terbaru semakin dilengkapi dengan beragam fitur yang menarik.

Seperti halnya dengan Leitz Phone 1, smartphone pertama besutan Leica ini langsung mencuri perhatian. Yaps seperti yang kamu tahu, Leica sudah lebih dulu dikenal sebagai vendor kamera terkemuka. Kualitas lensa dan fitur yang selama ini ditawarkan pada Leica menjadi primadona di kalangan fotografer. Sedangkan, dalam peluncuran smartphone pertamanya, Leica membekali satu lensa yang merupakan sensor kamera terbesar di smartphone saat ini. Nggak cuma itu saja lho, ada beberapa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh HP ini. Intip juga harga yang ditawarkan Leica untuk produk teranyarnya.

Simak selengkapnya dalam ulasan brilio.net dari The Verge, GSMArena, dan berbagai sumber pada Selasa (22/6) berikut ini.

Kelebihan Leica Leitz Phone 1.

Harga HP Leica Leitz Phone 1 © Istimewa

foto: gsmarena.com

1. Kamera.

Bukan rahasia lagi kalau Leica dikenal unggul dengan kualitas lensanya. Rupanya kelebihan ini juga diterapkan dalam smartphone pertamanya. Leitz Phone 1 memiliki satu lensa ultra-wide 20MP f1.9, dengan sensor 1 inci atau setara 19mm. Fitur ini merupakan sensor kamera terbesar di smartphone saat ini. Pada sebulan yang lalu, Sharp diketahui sudah merilis kamera yang sama persis dengan milik Leitz Phone 1. Dalam produk Aquos R6 tersebut Sharp menggunakan teknologi kamera milik Leica.

2. Layar.

Dari segi layar, Leica sudah membekali kualitas jernih pada smartphone pertamanya, yakni layar OLED Pro IGZO. Tampilan dengan resolusi tinggi dengan kepadatan piksel yang tinggi bisa kamu nikmati dalam layar IGZO. Meski begitu keunggulan dalam layar ini adalah tetap mampu mengonsumsi daya yang rendah.

3. Refresh rate 120Hz.

Masih ada lagi keunggulan pada layar Leitz Phone 1. Layar OLED Pro IGZO memiliki refresh rate 120Hz. Perlu kamu ketahui, dengan refresh rate tinggi kamu dapat menikmati tampilan yang mulus pada HPmu. Mulai dari pergerakan saat scrolling media sosial hingga ketika membuka dan menutup aplikasi. Layar HP juga akan lebih responsif ketika digunakan. Sehingga pengguna pun akan semakin nyaman saat menikmati fiturnya.

4. Desain yang ikonik.

Untuk para pengguna kamera Leica mungkin sudah nggak asing dengan adanya logo titik merahnya yang ikonik. Yaps, tampilan ini juga akan kamu temukan pada Leitz Phone 1. Dengan logo ulat berwarna merah ini menjadi satu penanda yang khas produk Leica ini. Tapi jangan khawatir, desain yang satu ini memiliki ukuran yang kecil, sehingga nggak akan mengganggu penampilan HPmu.

5. Terdapat pelindung kamera.

Keunggulan lain yang dimiliki Leitz Phone 1 yaitu adanya pelindung kamer. Yaps, kamera pada smartphone baru ini memiliki ketebalan 9,5 mm. Pada area tersebut tampak menonjol yang berfungsi untuk menyimpan sensor kamera. Nah untuk melindunginya dari kerusakan, Leitz Phone 1 sudah dibekali dengan tutup metalik. Jadi selain menjaga kameramu, tampilan ini juga menjadi salah satu keunikan pada HP Leitz Phone 1.

6. Ditenagai Snapdragon 888.

Dengan ditenagai Snapdragon 888, HP ini memiliki keunggulan terintegrasi dengan modem 5G. Di samping itu, energi pun akan lebih terhemat dalam penggunaannya. Snapdragon 888 juga menawarkan kinerja grafis yang lebih baik. Sehingga kelebihan ini akan memanjakan kamu para pecinta games. Yang nggak kalah menarik, snapdragon 888 dikenal memiliki CPU Kryo 680 sebagai sumber kekuatannya. Fitur ini berfungsi membuat peforma chipset lebih tinggi.

7. RAM 12 GB dan penyimpanan media 256 GB

Untuk mendukung performanya, Leitz Phone 1 sudah dibekali dengan RAM 12 GB. Kapasitas RAM dapat mempengaruhi kinerja HP terutama saat membuka aplikasi. Ketika membuka sebuah aplikasi baru dan RAM tidak cukup, sistem operasi akan secara langsung mematikan aplikasi lawas yang terbuka. Hal ini dilakukan untuk membebaskan memori sehingga aplikasi baru bisa terbuka. Dan dengan kapasitas RAM 12 GB, akan memberikan kapasitas yang besar untuk kamu nikmati. Apalagi Leitz Phone 1 didukung dengan penyimpanan media 256 GB.

Kekurangan Leitz Phone 1.

Harga HP Leica Leitz Phone 1 © Istimewa

foto: gsmarena.com

Salah satu yang cukup terasa dari Leitz Phone 1 adalah bobotnya. Diketahui HP ini memiliki berat yang mencapai 212 gram. Mungkin hal ini menjadi ukuran yang cukup besar untuk kamu pecinta HP mini. HP anyar ini juga memiliki tampilan yang terlihat lebih besar dibandingkan smartphone lainnya.

Harga Leitz Phone 1.

Harga HP Leica Leitz Phone 1 © Istimewa

foto: endgadget.com

Untuk kamu yang tergiur ingin membawa pulang Leitz Phone 1, wajib bersabar terlebih dahulu. Sebab HP ini sementara masih tersedia secara eksklusif di Jepang. Untuk harganya, Leitz Phone 1 dibanderol dengan harga sekitar Rp 24,5 juta. Di samping itu, hingga saat ini belum ada informasi terkait kapan HP ini bisa tersedia di pasar internasional.

(brl/guf)

(brl/guf)