Brilio.net - Aplikasi TikTok menjadi salah satu media sosial yang digandrungi masyarakat. Kehadiran TikTok ini nggak hanya untuk menyalurkan bakat nge-dance, namun juga membagikan banyak informasi menarik, dari seputar film, kesehatan, sampai dengan teknologi. Nggak heran pengguna aktif TikTok hingga Juli 2020 sudah mencapai 689,17 juta, sebagaimana yang dilaporkan pihak TikTok.

Salah satu hal yang membuat kreator TikTok semakin ketagihan adalah ketika konten mereka berhasil masuk dalam FYP. For You Page alias FYP adalah laman di mana berbagai konten viral TikTok bisa ditemukan.

Kamu bisa menikmati tayangan yang sesuai dengan seleramu. Dan dengan konten yang berhasil masuk dalam FYP, membuat kamu sebagai kreator bisa menyebarkan konten semakin luas.

Nah ada beberapa tips nih yang bisa kamu lakukan untuk membuat konten TikTok masuk FYP. Yuk simak selengkapnya dalam ulasan brilio.net dari popbuzz.com pada Jumat (18/6) berikut ini.

1. Unggulkan kualitas dibanding kuantitas.

Cara membuat video TIkTok masuk FYP © freepik.com

foto: freepik.com

Yaps, pasti kamu sudah sering mendengar prinsip itu. Kamu juga bisa menerapkan hal tersebut saat membuat konten TikTok agar lolos dalam FYP.

Untuk kualitas yang dimaksud, kamu bisa menampilkan video dengan tampilan yang jelas sehingga akan mudah dan nyaman dinikmati penonton. Berikan kualitas terbaik dalam menghasilkan konten yang menarik, hal ini dapat membuat pengguna lain menikmati karyamu sampai dengan selesai.

2. Buat video pendek.

Cara membuat video TIkTok masuk FYP © freepik.com

foto: freepik.com

Algoritma TikTok akan mendeteksi ketertarikan pengguna yang menonton sebuah video hingga akhir. Maka sebagai kreator kamu perlu membuat konten yang tidak membuat penggemar cepat bosan.

Buat video berdurasi pendek dengan informasi jelas dan lengkap. Kamu bisa menyusun kerangka konten sebelum mengunggah, termasuk jika dibutuhkan narasi di dalamnya. Dengan begitu kamu bisa menyampaikan informasi secara keseluruhan dengan ringkas dan jelas.

3. Tambahkan musik yang menarik.

Cara membuat video TIkTok masuk FYP © freepik.com

foto: freepik.com

Kalau sedikit bernostalgia, TikTok dimanfaatkan sebagai aplikasi lipsync atau sinkronisasi bibir. Banyak orang menirukan penyanyi ataupun suara lainnya.

Hal ini menjadi salah satu kunci menarik untuk menggiring konten masuk dalam FYP. Sehingga, jangan lupakan untuk memilih musik yang menarik untuk menunjang kontenmu.

Selain itu, musik yang tengah tren juga jadi salah satu yang disukai algoritma TikTok. Nah nggak ada salahnya nih untuk kamu untuk mengulik apa saja tren yang tengah digandrungi penonton beserta musik yang ramai digunakan orang.

4. Lakukan interaksi dengan penonton.

Cara membuat video TIkTok masuk FYP © freepik.com

foto: freepik.com

Ini dia salah satu cara yang mungkin nggak disadari banyak kreator. TikTok menyediakan tombol like dan kolom komentar bagi setiap penggunanya. Untuk memiliki konten yang lolos FYP pun kamu juga harus bersiap dengan berbagai respons dari warganet. Nah manfaatkan momen itu untuk berinteraksi.

Ya, dengan menjawab pertanyaan, membalas komentar ataupun berterima kasih dengan mereka bisa kamu lakukan. Bahkan kamu juga bisa melakukannya dengan cara sederhana seperti menekan tombol like atau suka pada komentar penonton. Namun ingat, sampaikan respons dengan baik dan sopan. Jangan beri ujaran negatif yang dapat menyakiti ataupun merugikan orang lain.

Dengan interaksi ini nggak hanya membuat kontenmu semakin eksis, namun juga bisa membangun komunitas yang lebih besar. Orang-orang yang memiliki minat yang sama dapat membantu meningkatkan kontenmu. Sehingga, kontenmu akan semakin dikenal orang dan memberikan manfaat yang lebih banyak.

5. Gunakan hashtag.

Cara membuat video TIkTok masuk FYP © freepik.com

foto: freepik.com

Tips selanjutnya adalah dengan menggunakan hashtag. Meskipun super simpel, namun tanda pagar atau hashtag bisa memberikan pengaruh untuk konten agar lolos dalam FYP.

Caranya mudah, kamu hanya perlu menambahkan tanda #ForYouPage dan #FYP untuk meningkatkan peluang masuk dalam FYP. Meskipun TikTok tidak mengonfirmasi ini, namun cara tersebut banyak dimanfaatkan kreator dalam mengunggah kontennya.

Tanda pagar yang bisa kamu gunakan nggak cuma itu saja, ketika kamu mengikuti sebuah tantangan atau tren, tambahkan pula agar mudah terdeteksi. Hal ini akan mempermudah penonton yang memiliki ketertarikan yang sama untuk menemukanmu. Dan dengan konten yang berkualitas, musik yang menarik, dan tanda pagar tersebut akan semakin membuat kontenmu berpeluang lolos dalam FYP.

6. Ikuti tren yang ada.

Cara membuat video TIkTok masuk FYP © freepik.com

foto: freepik.com

Terakhir, jangan lupa untuk memantau tren yang sedang melejit. Hal ini berkaitan dengan topik, musik, ataupun fenomena yang sedang dibicarakan oleh banyak orang. Kamu bisa mengikuti tren ini dengan caramu sendiri.

Nggak harus meniru orang lain, sampaikan dengan caramu dan kaitkan dengan konten yang kerap kamu buat. Dengan begitu, penonton dapat lebih tertarik dengan apa yang kamu buat.

Nah kalau ingin membuat penonton tetap memantau hingga keseluruhan video, susun video semenarik mungkin. Beberapa orang bahkan menggunakan taktik dengan membagi video menjadi beberapa bagian, sehingga penonton akan terus penasaran untuk memantau konten selanjutnya. Selamat mencoba!