Brilio.net - Tahu nggak sih kamu kalau Apple sejak peluncuran iOS 8 sebenarnya sudah mempunyai fitur khusus yang membuat semua orang menjangkau sisi keyboard dengan satu tangan secara mudah. Namun aplikasi ini disembunyikan. Nah, beberapa hari lalu, hal itu terungkap.

Dalam beberapa tahun terakhir, ponsel berlayar lebar bermunculan dan membuat keyboard pun menjadi besar. Namun banyak orang, khususnya mereka yang bertelapak tangan kecil, sulit untuk menjangkau semua sisi keyboard yang lebar. Untuk memudahkannya, Microsoft dan Google mempunyai mode satu tangan untuk aplikasi keyboard.

Rahasia Keyboard iPhone © 2016 brilio.net

foto: appleinsider.com

Sebenarnya, Apple sudah memiliki hal serupa, namun tidak membiarkan pelanggan menggunakannya. Kenapa dirahasiakan ya?- -Rahasia ini baru terungkap pada 21 Oktober lalu, saat pengembang teknologi bernama Steve Troughton-Smith mempublikasikan di akun Twitternya, @stroughtonsmith.

Loading...

Dia melihat kode untuk keyboard satu tangan di Apple iOS Simulator (sebuah program yang memungkinkan orang menguji dan “mendebug” aplikasi iOS pada perangkat keras lainnya). Dia mengatakan fitur tersebut telah ada saat peluncuran iOS 8 pada 2014 silam. - -Cara mengaktifkannya adalah dengan menggesekkan kursor dari kiri ke kanan atau sebaliknya. Juga bisa menambahkan tombol cut, copy, paste yang juga dalam ukuran besar.-

Rahasia Keyboard iPhone © 2016 brilio.net

foto: bussinessinsider.com

Sementara iOS 8 sendiri diluncurkan bersamaan dengan iPhone 6 dan iPhone 6 Plus, smartphone Apple pertama yang menggunakan 5,5 inci. Mengingat lebarnya layar, sangat masuk akal jika perusahaan teknologi asal Amerika Serikat AS ini merancang keyboard untuk membantu mereka dengan tangan yang lebih kecil.- -Anehnya apa yang dipaparkan Troughton-Smith belum dijelaskan Apple. Apakah Apple akan mengumumkan penggunaan fitur ini setelah Troughton-Smith menemukan dan menjelaskan ke publik? Tampaknya, publik juga sudah tahu dan cukup penjelasan dari Troughton-Smith untuk menggunakan smartphone milik mereka.