Brilio.net - Di tengah masa karantina dari pandemi virus corona, semua orang diimbau tetap beraktivitas di dalam rumah mereka masing-masing. Semua aktivitas dilakukan di rumah dengan memanfaatkan internet. Kegiatan seperti meeting, sekolah, bahkan sampai bersosialisasi kini dilakukan dengan menggunakan video call.

Konferensi video saat ini sudah menjadi kebutuhan dasar selama pandemi corona. Para pekerja menggunakan fitur ini untuk menjalankan tugasnya, begitu juga dengan keluarga yang menggunakan video konferensi untuk terhubung dengan sanak saudara.

Salah satu perusahaan yang paling diuntungkan dari penggunaan fitur ini adalah Zoom. Pihaknya mengatakan jumlah orang yang menggunakan Zoom telah mengalami pertumbuhan dari 10 juta pada akhir Desember, hingga 300 juta orang saat ini.

Kesuksesan zoom ini tentu membuat beberapa jejaring sosial lainnya tak tinggal diam. Dilansir dari washingtonpost.com, Jumat (23/4) kemarin Facebook telah meluncurkan fitur baru yang bernama 'Messenger Rooms', yaitu layanan konferensi video yang memungkinkan 50 orang mengobrol sekaligus sebagai pesaing Zoom, Houseparty, dan layanan konferensi video lain yang telah membuat bisnis mereka berkembang pesat beberapa minggu terakhir.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Layanan Messenger Rooms Facebook Berbagai sumber

foto: about.fb.com

Mark Zuckerberg menyebut layanan ini sebagai cara lain agar orang-orang tetap terhubung, "Kehadiran video bukan hanya tentang menelepon seseorang. Ini mulai menjadi blok dasar yang fundamental dari platform private social dengan banyak kasus penggunaan baru." jelas Mark dalam siaran langsung.

Facebook sebagai perusahaan startup terkenal memiliki reputasi di mana mereka mengembangkan layanan aplikasi nya mirip dengan yang pernah dipopulerkan oleh perusahaan startup yang lebih kecil. Misalnya saja ketika Snapchat memperkenalkan fitur baru 'stories', Instagram yang dimana masih milik Facebook datang dengan fitur tersebut setelah berbulan-bulan.

Namun beberapa hal, Messenger Rooms milik Facebook memiliki keterbatasan dari segi jumlah orang yang bisa bergabung dalam konferensi video. Facebook hanya bisa menampung 50 orang dalam satu kali waktu. Berbeda dengan Zoom yang bisa menampung 1000 orang. Orang-orang yang ingin menggunakan fitur ini juga harus melalui aplikasi Facebook ataupun Messenger.

Kelebihan dari layanan Messenger rooms Facebook adalah durasi konferensi video yang tidak memiliki batas waktu. Berbeda dengan Zoom yang hanya dibatasi selama 40 menit, jika lebih harus mendaftarkan ke akun premium. Layanan messenger rooms ini juga memungkinkan kamu untuk bergabung dengan panggilan lain (kamu juga tetap bisa membatasi siapa saja orang yang bisa bergabung).

Layanan Messenger Rooms Facebook Berbagai sumber

foto: about.fb.com

Tidak hanya itu, anak perusahaan lain dari Facebook yaitu WhatsApp juga mengembangkan layanan mereka dengan menambah jumlah orang yang bisa melakukan panggilan video, yang semula hanya bisa 4 orang menjadi 8 orang. Hingga saat ini 700 juta orang menggunakan panggilan video di Messenger dan WhatsApp.

(brl/guf)