Brilio.net - Warganet Indonesia mana yang tidak kenal dengan Zoom? Aplikasi yang terkenal untuk rapat atau meeting online ini memiliki kepopuleritasan yang sangat tinggi semenjak dunia digemparkan dengan situasi pandemi Covid-19. Untuk itu, kamu harus mengetahui cara untuk memakainya, termasuk cara pakai Zoom di laptop tanpa harus download.

Zoom merupakan aplikasi meeting online yang harus dipasang atau diinstal melalui PC ataupun smartphone. Namun, tahukah kamu ternyata aplikasi yang berasal dari San Jose, California, Amerika Serikat ini juga bisa digunakan tanpa harus melakukan proses instalasi dulu lho.

Tanpa berlama-lama lagi, dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Senin (3/1), berikut cara pakai Zoom di laptop tanpa harus download dan melakukan proses instalasi.

Cara pakai Zoom di laptop tanpa harus download.

Cara pakai Zoom di laptop tanpa harus download, kamu memerlukan aplikasi browser pada HP kamu. Kamu cukup menggunakan aplikasi browser yang sangat terkenal untuk laptop atau PC seperti Google Chrome atau Mozilla Firefox. Untuk lebih lengkapnya, berikut cara pakai Zoom di laptop tanpa harus download:

1. Buka aplikasi browser (Google Chrome atau Mozilla Firefox) yang ada di laptop kamu.
2. Kunjungi situs atau alamat Zoom sebagai berikut: https://zoom.us/
3. Login ke akun kamu. Jika kamu belum memiliki akun, buatlah terlebih dahulu dengan mengetuk tombol Sign Up.
4. Setelah masuk, klik tombol "Host a meeting" di bagian atas sendiri untuk memulai rapat baru.
5. Kamu bisa klik "Join a meeting" untuk masuk rapat menggunakan kode atau link yang telah kamu punya.
6. Setelah kamu memilih "Host a Meeting," kamu akan disajikan tiga opsi yakni Video On, With Video Off, atau Screen Share Only. Pilih sesuai kehendak kamu.
7. Setelah itu, kamu bisa memilih "Join from Your Browser" untuk memulai rapat online. Namun perlu dicatat, bila tombol tersebut tidak tampil, kamu bisa klik "Launch Meeting" untuk memunculkan tombol tersebut.
8. Setelah join melalui browser, silakan ketik nama dan klik Join.
9. Proses selesai, kamu bisa mengikuti rapat online.

Cara pakai Zoom di smartphone Android tanpa harus download.

Selain cara pakai Zoom di laptop tanpa harus download, kamu juga bisa melakukannya di perangkat Android kamu lho. Sama seperti di laptop, cara pakai Zoom di Android tanpa harus download juga menggunakan aplikasi browser yang ada di Android kamu pakai, seperti Chrome. Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka aplikasi Google Chrome.
2. Ubah ke Dekstop Mode dengan klik tiga tombol vertikal di pojok kanan atas > Tampilan Dekstop.
3. Kunjungi situs atau alamat Zoom sebagai berikut: https://zoom.us/
4. Login ke akun kamu. Jika kamu belum memiliki akun, buatlah terlebih dahulu dengan mengetuk tombol Sign Up.
5. Setelah masuk, klik tombol "Host a meeting" di bagian atas sendiri untuk memulai rapat baru.
6. Kamu bisa klik "Join a meeting" untuk masuk rapat menggunakan kode atau link yang telah kamu punya.
7. Setelah kamu memilih "Host a Meeting," kamu akan disajikan tiga opsi yakni Video On, With Video Off, atau Screen Share Only. Pilih sesuai kehendak kamu.
8. Setelah itu, kamu bisa memilih "Join from Your Browser" untuk memulai rapat online. Namun perlu dicatat, bila tombol tersebut tidak tampil, kamu bisa klik "Launch Meeting" untuk memunculkan tombol tersebut.
9. Setelah join melalui browser, silakan ketik nama dan klik Join.
10. Proses usai, kamu bisa mengikuti meeting online.