Brilio.net - Privasi adalah sesuatu yang harus dilindungi oleh setiap orang. Di sebuah smartphone, terdapat aplikasi yang mengharuskan pengguna untuk memberikan informasi pribadi, seperti aplikasi Mobile Banking atau aplikasi e-money seperti OVO, GoPay, LinkAja, dan lain sebagainya. Oleh karena itu untuk pengguna HP Vivo, penting untuk diketahui cara menyembunyikan aplikasi di HP Vivo.

Dengan menyembunyikan aplikasi-aplikasi yang berisikan data pribadi ini, kamu dapat mencegah orang lain yang kepo dengan isi HP kamu. Dengan ini, sederet aplikasi yang disembunyikan tersebut hanya kamu saja yang bisa mengaksesnya, kan?

Ada dampak positif yang bisa kamu peroleh dengan menyembunyikan aplikasi di HP. Hal-hal positif tersebut meliputi privasi lebih terjaga, meminimalisasi orang sekitar yang hendak bertindak kriminal saat melihat HP kamu, dan lain sebagainya.

Untungnya untuk mengetahui cara menyembunyikan aplikasi di HP Vivo bisa diterapkan pada sebagian besar tipe atau varian smartphone Vivo, yakni Vivo V7, V9, Y81, Y83, V20, X50 Pro dan varian lainnya.

Singkatnya, ada dua metode utama yang bisa kamu aplikasikan untuk mengetahui cara menyembunyikan aplikasi di HP Vivo. Metode tersebut adalah melalui aplikasi atau juga bisa tanpa aplikasi. Semua metode ini tetap saja cepat dan mudah dilakukan.

Tanpa berlama-lama lagi dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Rabu (19/1), berikut cara menyembunyikan aplikasi di HP Vivo untuk semua varian smartphone Vivo demi proteksi HP lebih terjaga.

Cara menyembunyikan aplikasi di HP Vivo tanpa aplikasi.

Cara menyembunyikan aplikasi di HP Vivo © 2022 brilio.net

foto: gsmarena.com

Pertama-tama, kamu tak perlu menginstal aplikasi tambahan ataupun pihak ketiga untuk menyembunyikan aplikasi. Sebab, Vivo sendiri sudah memiliki fitur untuk menyembunyikan aplikasi. Untuk mengetahui cara menyembunyikan aplikasi di HP Vivo tanpa aplikasi, silakan ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka HP Vivo kamu.

2. Setelah itu, tap menu tiga ikon di bagian paling kiri Homescreen.

3. Pilih Hide Icon.

4. Selanjutnya, masukkan PIN atau pola lain yang kamu gunakan untuk mengunci ponsel.

5. Setelah itu, pilih aplikasi-aplikasi yang hendak kamu sembunyikan.

6. Bila sudah, ketuk Encryption Settings untuk memberi pola kunci pada aplikasi yang akan disembunyikan.

7. Proses selesai, aplikasi tersebut akan secara otomatis tersembunyi dari tampilan Homescreen kamu.

Cara menyembunyikan aplikasi di HP Vivo menggunakan aplikasi AppLock.

Cara menyembunyikan aplikasi di HP Vivo © 2022 brilio.net

foto: Play Store

Selanjutnya, kamu bisa menggunakan aplikasi terpercaya untuk menyembunyikan aplikasi di HP Vivo kamu. Aplikasi ini tersedia di Play Store bernama App Lock. Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa mengikuti step-step berikut ini:

1. Pertama-tama, unduh dan instal aplikasi App Lock di Play Store.

2. Bila sudah terpasang, buka aplikasi tersebut.

3. Buat pola kunci > Pilih aplikasi yang hendak disembunyikan dari Homescreen.

4. Bila sudah, berikan akses data App Lock Usage.

5. Tekan tombol kembali untuk kembali untuk kembali ke menu utama App Lock.

6. Proses selesai, aplikasi akan otomatis tersembunyi.

Cara menyembunyikan aplikasi di HP Vivo menggunakan aplikasi Microsoft Launcher.

Cara menyembunyikan aplikasi di HP Vivo © 2022 brilio.net

foto: Play Store

Selain App Lock, Microsoft Launcher juga bisa kamu jadikan pilihan tepat bila kamu hendak mengetahui cara menyembunyikan aplikasi di HP Vivo. Caranya juga nggak ribet. Untuk selengkapnya, silakan simak panduan berikut:

1. Pertama-tama, unduh dan pasang aplikasi Microsoft Launcher di Play Store.

2. Bila sudah terinstal, buka aplikasi tersebut.

3. Pilih tiga titik vertikal di pojok kanan atas.

4. Lalu cari opsi Hide App untuk menyembunyikan suatu aplikasi.

5. Setelah itu, pilih aplikasi yang hendak disembunyikan.

6. Selanjutnya, aplikasi-aplikasi terpilih tersebut akan secara otomatis menghilang dari daftar menu atau Homescreen HP kamu.

7. Untuk mengaksesnya kembali, kamu hanya harus kembali ke fitur aplikasi yang tersedia di Microsoft launcher. Untuk menampilkan kembali, ketuk opsi Hide App > Pilih Unhide.

(brl/tin)

(brl/tin)