Brilio.net - Instagram adalah salah satu media sosial yang ramai digunakan banyak orang. Media yang berada di bawah perusahaan Facebook ini memiliki keunggulan pada konten audio dan visualnya. Instagram menarik perhatian para penggunanya dengan beragam fitur menarik.

Seakan-akan pengguna diajak untuk mengasah kreativitas lewat penawaran yang diberikan Instagram. Hal ini bisa terlihat dari salah satu fitur unggulannya, yaitu Instagram Story.

Instagram Story menawarkan berbagai opsi menarik yang bisa digunakan para pengguna untuk mempercantik konten. Mulai dari stiker, GIF, kotak interaksi sampai kolom polling disediakan untuk para pengguna. Tidak bisa dipungkiri, fitur-fitur yang diberikan Instagram membuat banyak orang betah dan semakin tertarik untuk berselancar di internet.

Kecanggihan fitur yang dimiliki Instagram membuat aplikasi ini digemari banyak orang. Jumlah pengguna yang semakin bertambah ini memungkinkan jumlah follower akunmu bertambah.

Meskipun ada pihak yang merasa senang dengan pertambahan followers, tapi tidak sedikit juga yang merasa privasinya terganggu. Hal inilah yang membuat orang-orang ingin menjaga Instagramnya dari kehadiran orang asing.

Loading...

Sebelum kamu merasa terganggu, lebih baik jaga privasi Instagram dari sekarang. Ada banyak cara mudah yang bisa kamu lakukan lho. Hal ini bisa membuatmu lebih tenang dalam bermedia sosial. Seperti apa saja caranya? Yuk simak ulasan brilio.net dari theverge pada Selasa (3/3).

1. Cara membuat akun menjadi privat.

Cara menjaga privasi di Instagram © 2020 brilio.net

foto: unsplash.com

Membuat akun menjadi privat adalah salah satu cara mudah yang bisa kamu lakukan. Hal ini juga kerap disebut sebagai tindakan mengunci akun. Dengan membuat akun menjadi privat, tidak ada orang yang bisa melihat isi profil tanpa persetujuan darimu. Ketika akun terkunci, para pengikut baru akan masuk dalam daftar permintaan pengikut. Jadi kamu bisa memilih siapa saja yang boleh menjadi teman onlinemu. Nah seperti apa caranya? Ikuti cara beberapa langkah berikut.

a. Pertama, buka pengaturan pada akun Instagram.

b. Pilih opsi "Privacy" yang kemudian dilanjutkan dengan memilih "Account Privacy".

c. Lalu aktifkan tombol "Private Account".

Perlu kamu ketahui, orang yang sudah mengikuti saat kamu mengubah akun jadi pribadi akan tetap jadi pengikutmu. Kalau kamu tidak menginginkan mereka, kamu harus menghapusnya dari daftar pengikutmu. Caranya mudah, kamu perlu membuka profil Instagram lalu klik pada jumlah followersmu. Cari akun yang ingin kamu hapus dan klik tulisan "remove".

2. Cara menjaga Instagram Story (Instastory).

Cara menjaga privasi di Instagram © 2020 brilio.net

foto: theverge.com

Instastory juga bisa kamu atur privasinya lho. Kamu bisa membatasi siapa saja yang bisa melihat ceritamu. Seperti apa caranya? Yuk ikuti.

a. Buka pengaturan pada akun. Lalu pilih "privacy" kemudian "story".

b. Pilih "hide story from" untuk membatasi penonton storymu. Selanjutnya pilih pengikut yang tidak ingin kamu berikan akses untuk melihat story.

Selain membatasi penonton, kamu juga bisa mengatur agar story tidak dibagikan terlalu jauh oleh followers.

a. Buka pengaturan yang sama seperti sebelumya (“Settings” > “Privacy” > “Story”). Gulir ke bawah hingga bertemu dengan opsi "sharing".

b. Akan ada opsi "allow sharing". Dengan kamu menonaktifkan ini, bisa mencegah agar mengirim story ke orang lain.

3. Cara memblokir akun lain.

Cara menjaga privasi di Instagram © 2020 brilio.net

foto: unsplash.com

Kalau kamu tidak ingin mengunci akun, kamu tetap bisa menjaga privasi agar tidak dilihat oleh akun yang tidak kamu inginkan. Caranya, kamu cukup memblokir dia dari akun Instagram. Berikut langkah yang bisa kamu lakukan.

a. Buka akun yang akan kamu blokir. Klik 3 titik yang ada pojok kanan atas.

b. Klik pilihan "block".

4. Cara agar akun Instagram tidak direkomendasikan Instagram.

Cara menjaga privasi di Instagram © 2020 brilio.net

foto: unsplash.com

Ketika kamu baru mengikut seseorang, biasanya kamu akan mendapat saran atau sugesti dari Instagram bukan? Biasanya saran ini berupa akun lain yang dianggap mirip dan ditawarkan agar kamu mengikuti mereka. Nah agar privasimu lebih terjaga, kamu bisa mengatur agar Instagram tidak menyarankan ke akun lain.

a. Masuk ke Instagram website, lalu buka profilmu.

b. Pilih "edit profile".

c. Matikan centang pada opsi "similar account suggestions".

5. Cara menyembunyikan status online di Instagram.

Cara menjaga privasi di Instagram © 2020 brilio.net

foto: unsplash.com

Kamu bisa mengetahui siapa saja pengikutmu yang sedang membuka Instagram alias "online". Tapi kalau kamu tidak ingin orang lain tau kapan kamu online, kamu bisa mematikan fitur tersebut kok. Namun ketika mematikan fitur ini kamu juga tidak bisa melihat siapa pengikut yang sedang online.

a. Buka pengaturan akun Instagram, lalu pilih "privacy".

b. Dalam opsi tersebut pilihlah opsi "activity status".

c. Terakhir, nonaktifkan "show activity status".

6. Cara menghentikan penyimpanan foto dan stories.

Cara menjaga privasi di Instagram © 2020 brilio.net

foto: theverge.com

Mungkin kamu pernah merasa tidak ingin menyimpan foto dan video yang kamu unggah di Instagram. Baik pada unggahan feed atau Instastory, sekarang kamu bisa mengaturnya agar tidak tersimpan. Cara agar stories tidak tersimpan adalah sebagai berikut.

a. Buka pengaturan Instagram, lalu pilih "privacy" yang dilanjut dengan memilih "story".

b. Ada dua pengaturan yang bisa kamu matikan. Pertama penyimpanan ke galeri yang masuk dalam memori telepon. Dan kedua penyimpanan pada arsip yang bisa kamu lihat kapan saja. Nah kamu tinggal memilih mana opsi yang kamu inginkan.

Sedangkan untuk laman utama atau feed Instagram, kamu juga bisa mengatur penyimpanannya.

a. Buka pengaturan Instagram, pilih "accounts" dan kemudian "original posts".

b. Matikan opsi pada "save original posts, save posted photos, save posted videos". Mudah bukan?