Brilio.net - Saat ini, email merupakan hal yang wajib dimiliki oleh setiap orang. Terkhusus untuk para pelajar, mahasiswa, pekerja kantoran ataupun wirausahawan, email adalah suatu hal yang penting. Bahkan kita akan dianggap kudet (kurang update) jika tidak memiliki email.

Walau telah banyak aplikasi Android seperti Line, Messenger, WhatsApp dan sebagainya untuk mempermudah komunikasi, email tetap menjadi favorit bagi semua kalangan. Dalam hal-hal tertentu, email lebih unggul dari aplikasi komunikasi lainnya. Terlebih untuk pekerjaan.

Email mempermudah kita dalam berkomunikasi secara lebih luas, selain itu email juga memiliki daya penyimpanan lebih besar sehingga kita dapat leluasa mengirim ataupun menyimpan data. Bahkan, tak sedikit email digunakan dalam dunia marketing. Dengan email juga kita bisa dengan mudah mendaftar ke platform sosial lainnya seperti YouTube, Instagram, Facebook, dan lain sebagainya.

Di dunia ini banyak sekali layanan penyedia email, ada yang gratis dan juga ada yang berbayar. Tentunya, untuk yang berbayar fiturnya pun semakin lengkap dan lebih canggih. Setidaknya terdapat dua penyedia layanan email gratis yang sangat populer di dunia Internet saat ini, yakni Google Mail dan Yahoo Mail.

Kali ini kita akan membahas tentang Yahoo Mail, penyedia surat elektronik dari Yahoo. Yahoo Mail merupakan penyedia surat elektronik terbesar yang digunakan oleh jutaan orang di dunia. Penyaing utama Yahoo Mail ialah Gmail, Windows Live Hotmail, dan AOL Mail.

Meski penyedia surat elektronik terbesar di dunia, Yahoo juga sempat diterpa rumor bahwa Yahoo merupakan email yang paling rentan untuk diretas hacker. Di sisi lain, Yahoo membantah rumor tersebut secara tegas.

Pada akhir Oktober 2019 lalu, Yahoo dikabarkan akan dibubarkan dan tidak digunakan lagi. Tetapi ternyata, Yahoo hanya mengubah sistem menjadi lebih private dan menghapus beberapa fitur yang telah ada sebelumnya.

Namun, kamu tak perlu khawatir, meski beberapa fitur seperti polling, foto, file, kalender dan lainnya dihentikan tetapi Yahoo Mail tetap akan beroperasi bahkan masih bisa digunakan pada Yahoo Groups dan hal lainnya seperti group emailing baik untuk bisnis atau komunikasi.

Terlepas dari rumor tersebut, Yahoo Mail tetap menjadi favorit para penggunanya. Fitur-fitur yang ada pada Yahoo juga masing sangat diminati banyak orang. Tentuya, Yahoo sama sekali tidak melakukan perubahan apapun pada Yahoo Mail demi kenyamanan konsumennya.

Jika kamu tertarik untuk mendaftar dan memiliki email Yahoo maka berikut adalah cara mendaftar Yahoo Mail yang bisa kamu lakukan lewat HP ataupun PC, seperti dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (19/11). Caranya cukup mudah dan tak butuh waktu lama!

2 dari 3 halaman



Cara daftar Yahoo email baru lewat PC

Kamu bisa mendaftar Yahoo Mail menggunakan HP ataupun PC. Melalui keduanya, caranya mudah dan tak perlu waktu lama. Berikut adalah cara daftar Yahoo email baru di PC:

1. Buka laman https://mail.yahoo.com/ di browser web.

2. Setelah masuk ke laman login.yahoo.com, maka pilih 'Buat Account'.

foto: brilio.net



3. Setelah itu akan muncul Form Pendaftaran Yahoo Mail. Lengkapi data formulir tersebut selengkap mungkin.

foto: brilio.net



4. Isi nama depan dan belakang.

5. Pilih alamat email yang mudah diingat atau yang telah disediakan oleh Yahoo Mail.

6. Isi nomor HP dengan nomor yang aktif agar kamu bisa memverifikasi nomor HP kamu pada email tersebut.

7. Jika semua data telah kamu isi secara lengkap, maka klik 'Lanjutkan' untuk proses verifikasi nomor HP. Fungsi nomor HP di sini agar bisa digunakan jika kamu lupa password atau kehilangan akun email tersebut.

foto: brilio.net



8. Lanjutkan verifikasi nomor HP.

foto: brilio.net



9. Cek SMS yang masuk ke HP kamu atau nomor HP yang kamu gunakan. Masukkan angka atau teks verifikasi tersebut untuk melanjutkan langkah selanjutnya.

10. Setelah diverifikasi, maka kamu telah memiliki akun Yahoo Mail.

foto: brilio.net

3 dari 3 halaman



Cara daftar Yahoo email baru lewat HP

Jika kamu mendaftar Yahoo Mail lewat HP, caranya pun cukup sama ketika kamu mendaftar lewat PC. Pastikan perangkat kamu telah terhubung dengan internet. Setelah itu kamu dapat melakukan tahapan berikut untuk mendaftar Yahoo Mail baru. Berikut caranya:

1. Buka https://mail.yahoo.com/ di browser web HP.

2. Setelah itu, pilih 'Buat Account' atau 'Sign In' untuk membuat akun baru.

3. Isi formulir pendaftaran yang ada secara lengkap.

4. Isi nama depan dan nama belakang.

5. Pilih nama akun yang telah disediakan oleh Yahoo, jangan lupa gunakan nama yang mudah diingat.

6. Isi password kemudian nomor HP. Gunakan nomor HP yang aktif agar kamu bisa memverifikasi akun dengan nomor HP tersebut.

7. Jika formulir telah diisi dengan data yang lengkap, maka klik 'Lanjutkan' untuk melangkah ke tahap selanjutnya.

8. Lanjutkan verifikasi nomor HP.

9. Cek SMS yang masuk ke HP kamu atau nomor HP yang digunakan.

10. Masukkan angka atau teks verifikasi tersebut untuk melanjutkan langkah selanjutnya.

11. Setelah diverifikasi, maka kamu telah memiliki akun Yahoo Mail.

Selamat mencoba!

Reporter: Hameda Rachma/mgg